Cari Blog Ini

Sabtu, 25 Maret 2023

Tips Latihan Tenis Meja di Bulan Puasa

 

Tips Latihan Tenis Meja di Bulan Puasa

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Bulan puasa tentunya bukan alasan bagi kita untuk tidak menjaga kondisi tubuh. Olahraga tenis meja tetap bisa dilakukan agar tubuh fit dan bugar. Ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan saat akan melakukan olahraga di bulan puasa.

Kenali Kondisi Tubuh
Sebelum berlatih, kita harus mengenali kondisi tubuh, apakah sedang fit atau tidak. Kita dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter pribadi sebelum latihan. Selain itu, jika tubuh sudah memberikan alarm untuk kita beristirahat karena sakit, tidak perlu dipaksakan untuk berlatih. Jika sedang letihan dan napas ngos-ngosan, beristirahat dan tarik napas dalam-dalam, kemudian hembuskan. Hal ini akan membuat kita rileks kembali dan dapat melanjutkan latihan jika sudah merasa lebih baik.

Lakukan Latihan Ringan
Ketika sedang berpuasa, agar badan tidak menjadi kaget dan terforsir untuk bergerak, lebih baik kita memilih beberapa latihan ringan. Play game yang santai sekedar melangkahkan kaki ke kanan dan ke kiri dan berusaha tetap terus bergerak. Tidak perlu memacu tubuh untuk bergerak cepat dan berat karena hal itu hanya akan membuat kita kelelahan dan haus. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, yang terpenting adalah tetap terus bergerak rutin minimal dalam waktu 30 menit.

Sesuaikan Beban Latihan dengan Kemampuan
Latihan saat berpuasa harus disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi tubuh. Kita bisa menambahkan porsi latihan sedikit demi sedikit sesuai kondisi tubuh yang kita rasakan saat itu.

Pilih Waktu yang Paling Tepat untuk Berlatih
Saat berpuasa kita akan merasa haus dan lapar. Oleh karena itu, pilihlah waktu yang tepat untuk berlatih. Yang paling ideal adalah satu atau setengah jam sebelum berbuka puasa, dengan pertimbangan begitu selesai latihan dan merasa haus bisa langsung minum ketika berbuka puasa. Bisa juga diwaktu yang lain sesuai keinginan. Jika keesokan harinya libur bekerja, bisa juga kita latihan 30 menit setelah shalat Tarawih. Kita bisa menambah durasi sesuai kemampuan tubuh secara bertahap.
Ingat, lakukan latihan dengan senang dan enjoy, jangan diforsir!

Atau bisa juga latihan play game diganti dengan latihan shadow.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/latihan-shadow-pada-tenis-meja.html?m=1

Demikian sedikit tips berlatih tenis meja saat berpuasa, semoga kita semakin bugar dan fit saat melakukan ibadah di bulan Ramadhan.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar