Cari Blog Ini

Jumat, 10 Maret 2023

Pentingnya Menjaga Komunikasi dalam Tenis Meja

 

Pentingnya Menjaga Komunikasi dalam Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Setiap pemain tenis meja mempunyai gaya komunikasi berbeda satu sama lain, dan kita harus menghargai itu. Semua perlu ditangani secara individual. Dan setiap pemain perlu mendapatkan atau mengamankan solusi mereka sendiri.

Beberapa pemain ekstrovert mungkin ingin banyak berdiskusi sebelum mereka memahami dan menerima instruksi, tips, atau umpan balik. Pemain introvert ingin banyak berpikir tentang diri mereka sendiri dan kemudian mengajukan pertanyaan spesifik kepada teman ataupun pelatih.

Memperoleh ilmu tenis meja tidak harus dengan bermain, berdiskusi dengan teman atau pelatih, menonton video maupun membaca artikel juga bisa mendatangkan ilmu yang bermanfaat. Saya adalah pemain tenis meja otodidak, banyak mendapatkan ilmu dengan cara pengamatan dan diskusi dengan pemain lain. Jika dirasa bermanfaat, bisa kita simulasikan pada saat kita latihan dan jangan lupa lakukan evaluasi setelahnya, mintalah saran kepada teman agar kita bisa memperbaiki jika diperlukan. Kuncinya adalah  berkomunikasi yang baik dengan sesama pemain.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2021/07/evaluasi-sbg-barometer-kemajuan-kita.html?m=1

Pemain satu dan yang lain juga memiliki indra dominan yang berbeda, seperti penglihatan, pendengaran atau sentuhan/kinestetik. Sebenarnya terdapat hubungan fisiologis yang dapat kita lihat dalam postur tubuh, pernapasan, nada suara, kecepatan komunikasi, ekspresi yang sering digunakan, dll. Untuk berkomunikasi dengan lebih baik saat berinteraksi, kita harus menanggapi seseorang dengan akal sehatnya.


Ingat juga bahwa tindakan adalah komunikasi yang penting.
Menjaga tindakan adalah bagaimana kita menjaga komunikasi yang baik. Seperti kita tahu, tenis meja mempersatukan berbagai karakter pemain yang berbeda, dan perbedaan itulah yang membuat tenis meja semakin berwarna. Tidak saling menciderai, tetaplah jaga komunikasi yang sehat agar silaturrahim antar pemain tetap terjaga. Di lapangan boleh menjadi lawan, namun di luar lapangan semua adalah sahabat.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar