Cari Blog Ini

Rabu, 15 Maret 2023

Mengapa Pemain Tenis Meja Harus Turn Around (Balik Badan)?

 

Pemain Tenis Meja Turn Around (Balik Badan)

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Jenis dan nama pukulan serta gerakan dalam tenis meja sangatlah bervariasi.
Saya sendiri jujur masih banyak istilah yang belum saya ketahui. Kadang kita melakukan pukulan tetapi kita tidak tahu nama pukulannya (ini khasnya anak bawang seperti saya, aspuk/ asal pukul) xixixi..

Ada beberapa pemain dalam bermain tenis meja mengandalkan pukulan forhand untuk meraih poin. Backhand nya bermain dengan karakter aman, atau yang penting masuk. Seperti kita ketahui, pukulan forhand lebih bertenaga dan mematikan dibanding pukulan backhand, itulah mengapa pemain melakukan balik badan untuk tujuan tertentu.
Biasanya sangat terlihat jelas pada para pemain pengguna karet bintik (long pip). Mereka rata-rata punya pertahanan bagus, bahkan bertahannya bisa menjadikan lawan pusing tujuh keliling.
Di saat pemain bintik ingin menyerang, biasanya mereka melakukan "balik badan". Backhand untuk memancing, lantas balik badan guna "membunuh" lawan dengan pukulan forhandnya.

Istilah balik badan sudah familiar di telinga kita.
Sebetulnya andai si pemain punya pukulan backhand yang bagus, gerakan balik badan itu sendiri bisa diminimalisir. Bisa saja pemain tetap pakai backhand namun dengan posisi karet licin ditukar ke backhand. Berarti pemain bintik harus lihai memainkan Blade, memutar fungsi dari backhand ke forhand, begitu sebaliknya (twidle). Namun itu bukan pekerjaan yang mudah.

Kalau diperhatikan, istilah balik badan sangat menarik untuk dibahas. Hanya memindahkan berat badan dan langkah kaki, sementara badan tetap dominan ke arah depan. Ada benarnya juga istilah balik badan, walau perpindahan balik badannya tidak 180 derajat.
Sah-sah saja mengistilahkan ini dan itu, yang penting kita memahami jenis gerakan dan fungsinya.
Sering berlatih shadow stroke, niscaya akan sangat membantu saat kita melakukan "balik badan".

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/latihan-shadow-pada-tenis-meja.html?m=1


Semangat sehat  dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar