Cari Blog Ini

Rabu, 22 Maret 2023

Peraturan Servis Tenis Meja

 

Servis Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Tenis meja adalah olahraga yang membutuhkan banyak keterampilan bermain bagi pemainnya. Selain teknik yang dipelajari, pemain juga wajib mengetahui peraturannya.
Untuk memulai permainan tenis meja, pemain melakukan pukulan pertama yang dinamakan servis. Dalam melakukan servis, pemain juga harus mentaati aturan yang berlaku.

Pukulan servis dalam tenis meja untuk single/ tunggal dan double/ganda tentu berbeda.
Perbedaan servis antara tunggal dengan ganda terletak pada arah bola.

Dalam permainan tunggal, pemain bebas mengarahkan bola ke bagian meja lawan sisi mana saja ketika servis. Artinya, bisa lurus atau menyilang ke kotak seberang lawan.

Sementara pada permaina ganda, pemain harus mengarahkan bola secara diagonal/ menyilang. Artinya, servis dimulai dari sisi kanan, maka bola harus menyilang dan mendarat di meja lawan sisi kanan lawan.

Bagaimana Melakukan Service Tenis Meja?
Servis dalam permainan tenis meja dilakukan dengan melemparkan bola ke atas secara vertikal dengan ketinggian minimal sekitar 16 cm (sentimeter) dan jatuh bebas sebelum dipukul dengan blade/ bet.
Bola dilempar dengan telapak tangan dalam posisi terbuka, bukan dengan jari tangan.

Dalam melakukan servis, seorang pemain harus menjauhkan tangan serta bagian lengan yang tidak sedang memegang bet dari meja permainan agar tidak menutupi pandangan lawan terhadap bola yang diservis.

Bola hasil pukulan servis harus memantul serta menyentuh meja sebanyak dua kali yaitu di area meja permainan sendiri dan area meja lawan. Bola juga harus berhasil melewati net saat servis.

Servis akan diulang jika terjadi netting, artinya jika bola menyentuh net dan bola jatuh ke lapangan lawan.
Dan jika bola hasil servis menyentuh net tetapi jatuh di area permainan sendiri, maka lawanlah yang akan mendapatkan poin.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/tips-cara-mengembalikan-servis-tenis.html?m=1

Jatah servis dalam permainan tenis meja menurut peraturan baru dilakukan sebanyak dua kali untuk tiap pemain.

Setelah melakukan dua kali servis dalam perebutan dua poin, servis berikutnya diberikan kepada pihak lawan dan dengan jatah yang sama yaitu dua kali servis.

Namun ketika dalam posisi deuce (baca: jus), setiap pemain hanya mendapatkan jatah satu kali servis.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar