Cari Blog Ini

Senin, 13 Maret 2023

Bagaimana Cara Melakukan Coaching kepada Pemain Tenis Meja?

 

coaching tenis meja
Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Menjadi pelatih pendamping pada saat pemain bertanding (melakukan coaching) bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk oleh teman satu team dan itu sangat penting.

Mengapa harus ada pelatih?
Perlu kita ketahui bersama dalam pertandingan, seorang pemain tidak bisa melihat semua hal-hal teknis yang terjadi di lapangan, ini yang dinamakan blind spot. Pelatih sebagai pendamping saat pertandingan, bertugas sebagai "kaca spion tambahan" untuk bisa melihat blind spot yang ada.
Penting? Tentu, karena akan banyak faktor yang mempengaruhi dalam setiap pertandingan.

Lakukan ini saat coaching
Tunjukkan bahwa kita peduli, tunjukkan bahwa kita ada di sana sebagai keamanan dan stabilitas tampilan pemain.
Suntikkan kekuatan bertanding dan keberanian kepada para pemain.
Tergantung situasinya, minta pemain misalnya untuk tenang, atau berpikir positif dan tentang kemungkinan, atau berani menyerang, atau mencari peluang.
Ingatkan para pemain tentang kekuatan mereka.
Rekomendasikan kelemahan lawan yang bisa dieksploitasi oleh pemain kita.
Merekomendasikan langkah-langkah untuk mencegah lawan mengeksploitasi kelemahan pemain kita. Bisa tentang hal-hal seperti penempatan bola, putaran dan posisi pemain. Namun, berhati-hatilah, kita harus mengatakannya dengan cara yang benar.
Diantara game (set) setelah memenangkan game, minta pemain untuk memulai dengan agresif dan fokus pada game (set) berikutnya. Sangat mudah untuk merasa puas setelah memenangkan pertandingan yang sulit, dan melihat poin pertandingan berikutnya bergulir.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/sahabat-tenis-meja-oleh-kasmono-monex.html?m=1

Yang Dilarang dari Seorang Pelatih
Jangan mencoba mengubah teknik pemain kita seperti pukulan, gerak kaki atau sistem permainan. Sudah terlambat untuk itu sekarang, dan itu hanya akan merusak konsentrasi mereka. Jadi, jangan katakan apapun tentang teknik mereka.
Apapun yang kita katakan, itu harus sederhana untuk dipahami. Ucapkan hanya satu atau dua hal sekaligus. Pertandingan adalah situasi yang menegangkan dan para pemain sudah memiliki banyak hal untuk dipikirkan.

Analisis Pasca Pertandingan
Sebagai pelatih mempunyai tugas mengambil tanggung jawab untuk melakukan analisis pasca pertandingan. Lakukan ini terlepas dari hasil pertandingan menang atau kalah. Ini paling baik dilakukan bersama dengan pemain.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar