Cari Blog Ini

Senin, 27 Mei 2024

Bahaya, Jangan Biarkan Baju Kering di Badan Usai Berlatih Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Latihan tenis meja membutuhkan gerakan-gerakan atraktif yang lincah dalam bermain. Gerakan seperti ini akan membuat kita berkeringat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. 

Sebelum memulai latihan tenis meja, pemain mempersiapkan terlebih dahulu perlengkapan apa saja yang akan dibawa. Mulai dari peralatan bet, bola, sepatu hingga baju untuk ganti.

Siapkan beberapa baju setiap kita menjalani latihan. Jangan biarkan baju yang basah oleh keringat mengering di badan tanpa mengganti baju terlebih dahulu. Pastikan sudah mengganti baju yang basah sebelum istirahat. Jika ini  tidak dilakukan bisa memicu timbulnya masalah kesehatan. Mengapa bisa begitu? 

Beristirahat setelah berlatih tenis meja dan atau olahraga lain dengan baju yang basah bisa membuat rentan mengalami masalah pada kulit, hingga memicu munculnya jerawat.

Kelembaban baju yang basah oleh keringat bisa dengan mudah menahan bakteri. Bakteri bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat jika tidak mengganti baju atau mandi setelah berlatih. 

Selain bakteri,  baju yang lembab oleh keringat juga bisa memicu tumbuhnya jamur. Hal ini dapat mengakibatkan rasa gatal dan seperti luka merah terbakar terutama pada bagian lipatan tubuh. 

Selain masalah kulit, resiko infeksi genital juga bisa meningkat jika kita beristirahat dengan kondisi baju lembab pasca berlatih.

Beristirahat dengan menggunakan pakaian yang basah karena keringat bisa mengganggu jamur alami di area vagina atau penis. Hal itu bisa menyebabkan sensasi seperti terbakar, gatal, hingga keluar cairan, demikian menurut John Hopkins Medicine.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/10/sehatkan-tubuh-dengan-tenis-meja.html?m=1

Disarankan untuk segera mandi setelah bermain tenis meja. Tak lupa juga menggunakan pakaian yang kering dan juga bersih.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar