Cari Blog Ini

Selasa, 21 Mei 2024

Tips Memilih Meja Pingpong (Tenis Meja)

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Selain olahraga prestasi, tenis meja juga bisa dijadikan alternatif sebagai olahraga rekreasi.  Bagi kalian yang ingin mencoba olahraga baru, tenis meja bisa dijadikan pilihan. Tenis meja bisa dimainkan oleh semua. Dari anak-anak hingga usia lanjut bisa memainkannya tanpa dibatasi oleh status sosial, baik pemula maupun profesional. 

Olahraga tenis meja bisa dimainkan di mana saja, baik indoor ataupun outdoor tanpa perlu khawatir cuaca buruk yang bisa kapan saja mengubah rencana olahraga kita. 

Bagi pemain pemula yang mempunyai target bermain tenis meja sampai level tertentu, membeli meja pingpong bisa jadi investasi yang menguntungkan. 

Ada beberapa tips bagaimana memilih meja pingpong yang hendak kita beli. Namun sebelum membelinya, ada hal yang perlu diperhatikan, diantaranya: lokasi penempatan (indoor / outdoor), intensitas pemakaian dan perawatan serta include pelengkapnya. Saat membeli juga disarankan di tempat atau toko olahraga terpercaya. 

Penempatan

Yang pertama perlu dipertimbangkan adalah di mana meja akan ditempatkan, indoor atau outdoor. Alasannya karena penempatan indoor dan outdoor akan berpengaruh terhadap material mejanya. Penempatan outdoor harus disesuaikan dengan pengaruh alam eksternal seperti hujan, angin dan radiasi ultraviolet. 

Jika untuk outdoor,  sebagian besar meja bagian atas terbuat dari melamin, yang merupakan bahannyang sangat tahan lama. Meja dengan bahan ini juga bisa digunakan untuk bermain di dalam ruangan, tetapi meja bagian atas dari kayu akan lebih direkomendasikan karena mempunyai kualitas pantulan lebih baik. Namun jika tujuannya untuk tenis meja rekreasi, meja jenis ini tidak akan membuat banyak perbedaan, dan kemungkinan tidak akan mempengaruhi permainan secara signifikan.

Intensitas Pemakaian dan Perawatan

Indikator penting untuk pemilihan meja pingpong juga dilihat dari indikator penting lainnya, yaitu intensitas pemakaian dan perawatan. Tidak semua meja pingpong dilengkapi dengan roda. Untuk pemakaian outdoor sebaiknya memakai roda dan rem agar operasional dan perawatannya lebih mudah. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/apa-saja-peralatan-yang-digunakan-untuk.html?m=1

Include atau pelengkapnya

Bagian yang tak terpisahkan dari tenis meja adalah jaring atau net. Umumnya, net sudah menjadi bagian dari meja pingpongketika kita membelinya. Ukurannya juga sudah disesuaikan dengan dimensi meja. Namun jika membelinya secara terpisah, perhatikan dan periksa bagian tiang pegangannya ketika membeli net, agar ketika dipasang tidak mempengaruhi fungsi dan estitika netnya itu sendiri. 


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar