Cari Blog Ini

Rabu, 22 Mei 2024

Amankah Penderita Asma Bermain Tenis Meja?

Oleh: Kasmono Monex,  penggemar hidup sehat 



Kondisi kesehatan yang dialami,  termasuk penderita asma sebaiknya tetap melakukan olahraga rutin. Agar tetap aman dan memberikan efek optimal, pilihlah olahraga sesuai anjuran dokter. 

Penderita asma akan mengalami gangguan pernapasan jangka panjang. Penderitanya bisa merasa sesak napas tiba-tiba, sakit dada, napas berbunyi ngik ngik, dan batuk. Penyebab asma karena adanya pembengkakan dinding saluran udara (bronkus) yang membawa udara masuk dan keluar dari paru-paru.

Asma bisa dipicu karena debu, bulu binatang, asap rokok, flu dan lain-lain. Aktivitas fisik yang terlalu berat juga bisa mengakibatkan asma kambuh.

Mengingat resiko terhadap serangan asma, maka pilihlah olahraga yang tepat, jika perlu konsultasikan dengan dokter.  

Tidak dianjurkan bagi penderita asma untuk meninggalkan olahraga sama sekali. Menurut penelitian, olahraga justru memberikan efek positif bagi penderita asma. 

Kualitas hidup penderita asma akan semakin meningkat jika melakulan olahraga, dan gejala asma pun berkurang. 

Serangan asma bisa terjadi saat olahraga jika  aktivitas fisik yang dilakukan terlalu berat, sehingga menjadikan asma tidak terkontrol. Selalu siapkan obat asma yang sesuai, siapkan fisik dan mental juga untuk menghindari resiko asma kambuh. 

Ada beberapa olahraga yang menurut dokter dapat dilakukan dengan aman oleh penderita asma. Jalan kaki, yoga, bersepeda, berenang dan olahraga raket termasuk tenis meja bisa menjadi pilihan. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/bermain-tenis-meja-untuk-investasi.html?m=1

Olahraga tenis meja memungkinkan pemain untuk beristirahat secara teratur, karena pemain bisa mengendalikan kecepatan permainan serta istirahat dan minum air kapan saja. Jika bermain double/ berpasangan akan lebih mengurangi intensitas, sehingga lebih aman bagi penderita asma. 

Untuk menjaga sesuatu hal yang tidak diinginkan, penderita asma hendaknya selalu membawa inhaler atau obat asma yang lain saat bermain tenis meja. Segera hentikan kegiatan bermain tenis meja jika mengalami gejala asma. 

Bermainlah secara teratur sesuai kemampuan dan kondisi kesehatan saat itu, jangan memaksakan diri. Terpenting adalah berolahraga lah untuk menjaga agar tidak sakit.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar