Cari Blog Ini

Rabu, 08 Mei 2024

Rahasia Di Balik Pukulan Stroke Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Bagi masyarakat pada umumnya, bermain tebis meja sangatlah sederhana, cukup mengarahkan bet ke arah bola yang datang lalu lakukan pukulan. Ya, sesederhana itu. 

Namun bagi pemain yang memang serius menekuni tenis meja, banyak sekali teknik yang harus dipelajari dan dikuasai.

Seperti olahraga pada umumnya, permainan tenis meja juga memiliki teknik dasar tertentu yang harus dikuasai dengan baik oleh setiap pemain demi meraih kemenangan.

Teknik yang paling mendasar adalah bagaimana cara memegang bet. Setiap pemain mempunyai kebiasaan dan kenyamanan dalam memegang bet boleh berbeda antara pemain satu dan yang lainnya. 

Ada beberapa teknik memegang bet, diantaranya yang paling populer adalah teknik shakehand grip, penhold grip dan seemillar grip.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/pemula-wajib-tahu-teknik-memegang-bet.html?m=1

Setelah menentukan teknik memegang bet, pemain harus belajar teknik pukulan (stroke). Secara garis besar teknik pukulan terdiri dari teknik pukulan backhand dan forehand. 

Seperti kita tahu, teknik pukulan (stroke) adalah kunci dari permainan tenis meja. Untuk itu, stroke sangatlah penting dikuasai setiap pemain. Barang siapa ingin menguasai permainan tenis meja, maka kuasailah terlebih dahulu teknik stroke yang benar. 

Stroke sendiri dilakukan melalui beberapa fase gerakan tubuh, yaitu preparatory phase (fase persiapan), backswing phase (fase ayunan ke belakang), forward swing phase (fase ayunan ke depan) dan follow-through phase (fase tindak lanjut). 

Jarang pemain yang mengetahui rahasia ini. Maka jika fase-fase sebagai basic tersebut dikuasai, maka timing pengambilan bolanya relatif tak ada kendala, sehingga penguasaan permainan secara biomekanik menjadi lebih mudah. 

Cara memegang bet dan stroke harus pula didukung oleh teknik sikap berdiri pemain (stance), sehingga menjadi satu kesatuan gerakan kompleks (yaitu lengan yang memegang bet dan memukul bola, serta footwork yang baik).

Dengan penguasaan yang lengkap, pemain diharapkan dapat melakukan serangan maupun menerima serangan dengan lebih mudah dan terukur. Jangan bosan berlatih teknik stroke, karena teknik ini menjadi rahasia sukses bermain tenis meja.


Semangat sehat dan salam 🏓






Tidak ada komentar:

Posting Komentar