Cari Blog Ini

Senin, 20 Mei 2024

Sisi Psikologis Tenis Meja (cara meningkatkan mental) - part. 2

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Pertandingan selalu menyisakan menang dan kalah. Jika kita pernah meraih juara pasti merasa senang, dan itu karena kita bermain bagus. Dan jika kalah, artinya kita harus memperbaiki prosesnya, dalam hal ini kualitas latihannya. 

Fokus untuk bermain bagus di setiap pertandingan. Dengan cara itulah kita bisa merasakan kepuaaan dalam diri. Bermain bagus akan memberi peluang menang lebih besar, dan jika kalah tetapi sudah bermain bagus, kita tidak akan merasa seburuk itu, karena tujuan kita sejak awal adalah bermain bagus.

Jangan cepat puas dengan setiap kemenangan, jangan tertipu oleh hasil. Teruslah berbenah diri dengan terus berlatih, pasti ada poin yang bisa diselesaikan dengan lebih baik lagi. 

Hasil dalam jangka pendek tidaklah terlalu penting. Berkembang sebagai pemain dan bersenang-senang selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, dan bertahun-tahun bermain tenis meja jauh lebih penting.

Walaupun di atas kertas kita diunggulkan karena sudah pernah bertemu bahkan mengalahkannya dengan mudah di pertandingan berbeda, jangan pernah meremehkan lawan. 

Ketika kita sudah memasuki arena pertandingan,  hindari sikap terlalu percaya diri. Kita harus tetap menghormati setiap pemain tanpa harus merendahkannya,  termasuk kepada lawan kita. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2024/05/sisi-psikologis-tenis-meja-cara.html?m=1

Alasan pemain mengikuti pertandingan berbeda-beda, tetapi semua akan berusaha bermain bagus agar bisa memenangi setiap pertandingan. Dan jika kita tidak bisa menjaga konsentrasi ketika  bermain, tidak menutup kemungkinan kita akan kalah dari pemain dengan level lebih rendah dari kita. 

Kita juga jangan pula melebih-lebihkan lawan, karena dapat menghambat peluang kita untuk menang, sama halnya sikap meremehkan lawan. 

Jika konsentrasi terganggu, mood akan terganggu dan dapat berakibat buruk terhadap permainan. Agar permainan tidak semakin kacau, lakukan dan manfaatkan waktu diantara poin untuk memgeringkan keringat dari tangan dengan cara menyeka ke meja. Lakukan sambil berpikir dan tarik napas dalam-dalam. Cara ini dapat membantu mengatur ulang kondisi mental dan waktu untuk memikirkan tentang servis atau penerimaan servis berikutnya dan perkembangan pertandingan.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar