Cari Blog Ini

Senin, 13 Mei 2024

Seberapa Penting Teknik Block pada Tenis Meja?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Menyerang dan diserang adalah ciri dalam pertandingan olahraga,  termasuk pada tenis meja. Teknik menyerang lebih ditekankan oleh pelatih kepada pemainnya. Walaupun demikian teknik bertahan juga tidak boleh diabaikan. 

Pemain dengan inisiatif menyerang biasanya membuka peluang memperoleh poin. Tetapi dengan pertahanan yang baik juga sangat diandalkan untuk mematahkan serangan lawan, sehingga poin dapat dihasilkan dengan cara ini. 

Adalah teknik block, teknik yang digunakan untuk mengembalikan bola dengan posisi bet tertutup. Nah, salah satu cara untuk membendung serangan lawan adalah dengan teknik block, sehingga teknik ini sangat penting untuk dikuasai. 

Pada permainan tenis meja, selain dengan teknik penyerangan dalam usaha memperoleh poin, dengan teknik block yang baik sebagai pertahanan juga dapat diandalkan untuk menahan laju bola dari lawan. 

Jika penyerangan dengan spin bisa dilakukan dari jarak yang relatif jauh dari meja, tidak demikian dengan block. Teknik block dilakukan dengan jarak pemain yang cukup dekat dengan area meja.

Teknik block dalam tenis meja dibedakan menjadi dua berdasarkan teknik pegangan bet yang digunakan, yaitu forehand block dan backhand block. Sedangkan titik kontak bola di bagian tengah bet.

Block yang baik harus disertai dengan penempatan bola yang akurat di meja lawan,  sehingga sulit diantisipasi oleh lawan. Jika hal ini bisa diterapkan secara konsisten, bukan tidak mungkin lawan akan mengalami kesulitan untuk melakukan serangan kembali. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/02/belajar-blok-tenis-meja.html?m=1

Lakukan latihan block secara bergantian dengan teman. Jika teman melakukan teknik spin, kita melakukan teknik block, begitu sebaliknya. Tidak ada yang lebih penting antara teknik spin menyerang maupun teknik block untuk menahan laju bola, keduanya sama-sama penting dan sama-sama harus dikuasai dalam permainan tenis meja. 


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar