Cari Blog Ini

Minggu, 05 Mei 2024

Petaka Pemain TenisMeja dari Percaya Diri Berlebihan

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Setiap pemain tenis meja membutuhkan rasa percaya diri untuk menjalani pertandingan. Jika kita tidak memiliki rasa percaya diri, kita akan kesulitan menjalani pertandingan dengan baik.

Rasa percaya diri yang kita miliki merupakan hal yang baik. Namun, dan tidak menutup kemungkinan beberapa orang memiliki rasa percaya diri yang berlebihan (over confidence).

Rasa percaya berlebih/ superiority complex atau sering disebut over confidence adalah suatu sikap dimana seorang pemain merasa dirinya lebih unggul dari pemain lain. Jika demikian adanya, pemain dengan percaya diri berlebihan biasanya tidak menjaga konsentrasinya secara penuh selama pertandingan. 

Ada beberapa faktor yang bisa membuat seseorang bersikap terlalu percaya diri. Merasa lebih memiliki kemampuan dibanding pemain lain dapat menumbuhkan over confidence, sehingga mengecilkan kemampuan lawan. 

Sikap terlalu percaya diri seperti itu tentu bukanlah hal yang baik untuk dipelihara. Seperti kita ketahui, apa pun yang berlebihan itu tidak baik.

Memiliki rasa percaya diri yang berlebihan dapat menjadi petaka. Bagaimana tidak? Dengan menganggap seolah lawan akan dapat kita kalahkan dengan mudah, justru permainan kita menjadi sulit untuk berkembang. Disaat seperti ini, konsentrasi menjadi menurun sehingga cenderung berbuat kesalahan yang tidak perlu dan kekalahan di depan mata. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/08/10-cara-menghilangkan-rasa-minder.html?m=1

Pemain yang terlalu percaya diri biasanya sangat yakin akan bisa memenangi pertandingan. Kepercayaan diri seperti ini tentu baik jika benar-benar diimbangi dengan ketelitian dan tetap menjaga konsentrasi tanpa merendahkan pemain lawan.

Apakah kalian pernah mengalami over confidence dan berujung petaka kekalahan? Silahkan tulis pengalamanmu di kolom komentar!


Semangat sehat dan salam 🏓




4 komentar:

  1. Sy over convidence pasti kalah.. Akhirnya malah jadi menang.. Upsss

    BalasHapus
  2. Percaya diri ituh Penting tapi tidak oleh berlebihan harus tetap Fokus di permainan.

    BalasHapus