Cari Blog Ini

Jumat, 03 Mei 2024

Diskualifikasi dalam Pertandingan Tenis Meja


Oleh: Kasmono Monex,  penggemar hidup sehat



Diskualifikasi dalam tenis meja adalah larangan bertanding karena melanggar peraturan maupun karena tidak memenuhi syarat dan ketentuan dari penyelenggara pertandingan .   

Olahraga tenis meja mengajarkan kita banyak hal. Tidak hanya belajar bermain dan mengalahkan lawan, tetapi hal lain di luar tenis meja seperti disiplin, kejujuran, etika dan sportifitas bisa kita dapatkan. 

Kemenangan dalam olahraga tenis meja ditentukan oleh kualitas keterampilan pemainnya. Semakin mempunyai kualitas yang baik maka semakin terbuka kesempatan memenangi pertandingan. 

Alasan ingin menang inilah yang seringkali menjadi penyebab pemain mencuri kelas. Di beberapa turnamen kita bisa lihat adanya "pemain siluman ". Panitia kecolongan?  Bisa jadi. Pada kasus seperti ini, demi menjunjung sportifitas panitia berhak memberikan sanksi terhadap pemain siluman tersebut.  Sanksi bisa berupa dinaikkan kelasnya dan harus nge-voor kepada lawan,  atau bahkan hingga diskualifikasi.

Dalam pertandingan tenis meja amatir khususnya, pemain peserta bisa di-diskualifikasi karena beberapa hal. Apa saja penyebab diskualifikasi pada pertandingan tenis meja? Secara umum, diskualifikasi bisa disebabkan karena pencurian umur (pada kelompok umur),  pencurian kelas (pada kelas divisi),  standarisasi alat (jarang terjadi), berbuat onar, dll. 

Pelanggaran yang sering dilakukan hingga menyebabkan pemain di-diskualifikasi adalah pencurian kelas. Bukan tanpa alasan, umumnya pemain melakukannya semata-mata karena ingin memenangi suatu pertandingan dan meraih juara. Pemain harus sadar akan sportifitas, karena tenis meja bukan saja tentang menang dan kalah, tetapi ada hal yang lebih penting yang tetap harus dijaga. Menjaga silaturahmi melalui pertemanan dan sportifitas jauh lebih penting dari sekedar menang kalah,  apalagi jika memperoleh kemenangannya dengan cara yang tidak fair. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/09/attitude-sikap-dan-aptitude-bakat.html?m=1

Pemain dituntut untuk mendaftar sesuai kelasnya dengan penuh kejujuran. Klasifikasi pemain dalam tenis meja ditujukan agar pertandingan berjalan seimbang, sehingga menyuguhkan permainan seru dan menarik untuk ditonton. 

Kita tidak ingin terkena sanksi diskualifikasi bukan? Maka dari itu usahakan meminimalisir pelanggaran-pelanggaran, baik secara administrasi maupun yang lainnya. 


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar