Cari Blog Ini

Sabtu, 15 April 2023

Cara Melawan pemain Muda Tipe Penyerang pada Tenis Meja

 

Cara Melawan pemain Muda Tipe Penyerang pada Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Melawan pemain muda yang sedang meningkat permainannya tentu tidak mudah. Kita sebagai pemain berumur (35 tahun ke atas) jika mengimbangi kecepatan dan kelincahan jelas akan kewalahan. Jika bertanding dalam kelas yang sama, artinya secara keterampilan hampir seimbang. Lakukan strategi untuk bermain lebih efektif.

Tenis meja adalah olahraga permainan tercepat dibanding olahraga permainan yang lain. Jika dibandingkan dengan kita (pemain senior secara usia), pemain muda lebih cepat dan tangkas dibanding kita.Waktu kita akan habis jika hanya untuk bermain bertahan dan mencoba menahan bombardir tembakan serangan penuh dari mereka.

Lantas bagaimana cara kita mempunyai kesempatan menang melawan pemain seperti itu?
Kita tidak bisa memaksakan mengimbangi kecepatan dan ketangkasannya, yang ada malah nanti kehabisan tenaga sebelum pertandingan berakhir.
Kita bisa mengalahkannya dengan kontrol dan taktik. Kita mempunyai keunggulan pengalaman pribadi, manfaatkan!! Variasikan pukulan kita sehingga ritme dan irama menjadi tidak konstan. Paksakan pemain muda untuk mengikuti permainan kita dengan pukulan-pukulan tak teratur, dan kita akan memegang kendali permainan.

Kapan Kita Bermain Menyerang?
Kita tidak perlu berusaha menjadi cepat atau tangkas ketika menyerang bola pertama saat rally terjadi. Dan kita tak perlu menyerangnya dengan liar. Kita fokus saja membuat pukulan agressif yang mantap untuk tiba-tiba memulai membuat variasi pukulan setiap rally (seperti membuat loop), dan memaksa pemain muda kedalam permainan serangan balasan yang menyulitkannya.
Target kita cukup bermain dengan menvariasikan serangan. Karena jika kita memainkan serangan bertipe sama berkali-kali, maka pemain muda akan mendapatkan sebuah irama permaianan, dan pukulan-pukulannya menjadi terlalu kuat dan mantap. Kita juga tidak boleh menjadikan permainan menjadi adu kecepatan jika pemain muda lebih cepat dan tangkas. Cobalah membuat serangan dengan variasi kecepatan, variasi penempatan bola ke dalam meja dengan beragam kadar topspin dan selalu mengubah arah sehingga tempo menjadi tak teratur. Arah pukulan yang lurus (down-the-line) sangat sering menjadi efektif melawan pemain muda yang terbiasa banyak berlatih arah bola menyilang (diagonal).

Ketika kita tidak menyerang, apa yang harus dilakukan?
Bermainlah dengan mengontrol bola dengan banyak variasi. Pemain muda akan mengalami kesulitan pada timimg serangan jika berhadapan dengan pukulan-pukulan yang bervariasi. Ketika kita menekan/ mempush, lakukanlah dengan sangat berat dan di bagian dalam meja, sehingga akan memaksa dia membuat banyak kesalahan. Bagaimanapun, banyak pemain membuat kesalahan disebabkan bermain yang terlalu pasif (lamban) sehingga memberi pemain muda itu menjadi bola-bola yang mudah. Kita harus memastikan memilih mana bola yang membuat dia bisa menyerang, dan mana bola yang dapat kita serang.
Pukulan lob seringkali menjadi senjata yang bagus untuk melawan pemain muda (junior). Kuncinya jika kita bermain bertahan adalah memvariasikan pukulan untuk memaksakan terjadinya kesalahan lawan.
Pemain muda sangat bagus melawan pukulan-pukulan yang dapat diperkirakan/ prediksi, maka dari itu variasikan pukulan kita.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/adakah-korelasi-antara-kecerdasan.html?m=1

Alasan pemain muda bermain liar karena dia sudah terlatih menyerang secara teratur. Jika kelas/ levelnya dekat dengan kita, jangan imbangi kecepatan permainannya, karena akan menjadi ancaman serius bagi kita.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar