Cari Blog Ini

Rabu, 12 April 2023

Sifat Karet Anti Spin dan Cara Mengatasinya pada Tenis Meja

 


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Beragamnya jenis dan karakteristik karet yang ditempel pada bet dalam olahraga tenis meja menjadikan para pemain harus mempelajari semua jenis karet. Tujuannya adalah agar ketika lawan memakai karet selain karet polos normal dapat mengatasinya. Seperti karet antispin misalnya, betul karet polos tapi mempunyai sifat dan karakteristik yang berbeda.

Antispin merupakan karet polos/ inverted yang tidak menghasilkan putaran (spin). Sifat karet antispin biasanya
membutuhkan putaran bola yang datang, sehingga menghasilkan pukulan blok yang efektif menghentikan bola (stop block), bermacam pukulan pendek mendadak didalam meja dekat net (dropshot), pukulan mendorong bola yang aman (safe pushes).
Karet anti (spin/ power) juga dapat digunakan untuk membuat pukulan datar yang mematikan (flat kill).

Cara mengatasinya
Karena sifat bola dari karet antispin yang tidak ada putaran, cenderung hampa dan lajunya lambat, maka untuk mengatasinya kita harus tetap ada gesekan ketika  memukul bola dan sedikit ditunggu. Karena jika bola hanya didorong ke depan, bola akan jatuh dan nyangkut di net. Sesederhana itu, tetapi kita harus teliti saat bermain, karena pemain berkaret anti seringkali menyulitkan lawan.
Ritme dan tempo menjadi tidak beraturan, oleh karenanya kita harus lebih sabar menghadapinya, sama halnya ketika kita menghadapi pemain berkaret bintik panjang.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/ritme-dan-tempo-dalam-tenis-meja.html?m=1

Tetaplah berlatih untuk mengasah keterampilan dan selalu sabar agar ritme dan tempo dalam bermain bisa dijaga.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar