Cari Blog Ini

Jumat, 26 Januari 2024

Tips Have Fun Bermain Tenis Meja Meskipun Pasti Kalah

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Saat bermain tenis meja, semua orang tentu ingin menjadi pemenang. Sayangnya terkadang kita harus menelan pil pahit akibat  kekalahan, terutama di ajang kompetitif seperti turnamen atau pertandingan.

Ketika kalah di set pertama, kita berpikir keras  untuk bisa keluar dari tekanan dan memenangi pertandingan di set berikutnya. Tetapi di beberapa pertandingan, kita berada pada situasi dimana kita sepertinya tidak akan bisa menang meskipun sudah berusaha dan berpikir sekeras mungkin.

Meskipun hampir dipastikan kalah, kita harus berjuang beberapa menit sampai kita benar-benar kalah. Kita harus berusaha mencari peluang menang walaupun situasi tidak mendukung.

Pengalaman kekalahan terkadang membuat kita cukup kesal. Tetapi kita tentu tidak ingin mendapatkan bad mood hanya karena satu pengalaman buruk, apalagi jika kita ingin tetap bermain setelahnya. Oleh karena itu kita harus bisa tetap membuat pengalaman kalah tersebut sebagai hal yang positif.

Kita dapat mempelajari tayangan ulang setelahnya, walau hal ini tidak akan membuat kita tiba-tiba menang, tapi paling tidak kita bisa mengevaluasi kesalahan dan kekalahannya sebagai referensi perbaikan kedepan. 

Kalah dalam permainan bukan berarti kita tidak punya apapun yang bisa dicapai. Kita selalu bisa menentukan satu target yang ingin dicapai, meskipun target tersebut sebenarnya tidak relevan dan tidak akan mengubah hasil pertandingan.

Misal, kita bermain melawan pemain unggulan dan dalam kondisi yang pasti kalah. Sadar akan situasi itu, kita bisa membuat target yang tidak biasa dan mencobanya. Kita bisa mengincar menang di satu set pertama misalnya. Memang, pada akhirnya kita mungkin akan tetap kalah, tapi paling tidak selama sisa pertandingan kita tidak akan dihantui perasaan frustasi karena akan kalah.

Dalam mengikuti pertandingan tenis meja, kita harus punya target yang ingin dicapai. Misalnya kita ingin mencapai babak tertentu. Sampai kita meraih target tersebut, kita akan terus bermain. Ini lumrah dan patut diacungi jempol. Hanya saja jangan terlalu fokus dan hanya melihat target akhir itu saja.

Jangan terlalu keras kepada diri sendiri. Kita mungkin harus memenangkan 5 pertandingan lagi untuk mencapai target yang kita inginkan, tapi jangan lupa untuk merayakan tiap pencapaian kecil yang kita dapatkan. Berbanggalah jika kita berhasil menang, atau sukses menerapkan pukulan yang kita latih selama ini.

Sebaliknya, saat kita kalah jangan langsung merasa bahwa perjuangan kita akan sangat sulit atau malah mustahil. Jangan berkecil hati hanya karena satu atau dua kekalahan. Pelajari penyebab kekalahan dan berusahalah bermain lebih baik lagi.

Menderita kekalahan memang bikin kita kesal, tetapi kita jangan lupa bahwa pada akhirnya tujuan utama bermain tenis meja adalah untuk bersenang-senang.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2024/01/menyikapi-kekalahan-dan-dampaknya-dalam.html?m=1

Kita tetap bisa bermain dengan target untuk menang dan makin jago, tapi kita tidak boleh lupa untuk have fun. Karena jika kita bermain dengan niat dan mindset yang terlalu serius, kita akan gampang frustasi terhadap hal kecil dan sepele.

Jika kita merasa pasti akan kalah dalam bermain, jangan langsung keluar dari permainan atau menyalahkan orang lain agar kamu merasa lebih baik. Biasakanlah berada dalam situasi kalah, tetapi tetap sportif dan positif  Dari situ kita akan belajar mencari cara agar tetap menikmati waktu sebelum akhirnya benar-benar kalah.

Selama kita tetap bisa menanggapi kekalahan dengan positif, kita akan selalu bisa bersenang-senang dalam situasi apapun.

Karena tujuan bermain tenis meja adalah untuk menghibur diri, maka pastikan salah satu niat kita bermain adalah untuk have fun.


Semangat sehat dan salam 🏓


2 komentar: