Cari Blog Ini

Rabu, 03 Januari 2024

Tips Aman Latihan Tenis Meja Pagi Hari Sebelum Sarapan

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Olahraga tenis meja dapat dimainkan kapan saja, di mana saja dan oleh siapa saja. Selain prestasi, tenis meja juga dapat menjadi alternatif sebagai olahraga rekreasi. Sebagai olahraga rekreasi, tenis meja diharapkan menghasilkan kesehatan bagi pelakunya. Perhatikan pola makannya selama menjalani latihan. Misalnya, makanlah dua jam sebelum melakukan latihan. Atau jika merencanakan latihan di pagi hari, persiapkan diri waktu tidur dan makannya.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2024/01/latihan-tenis-meja-pagi-sebaiknya.html?m=1

Makan/ sarapan pagi dan latihan tenis meja merupakan kegiatan yang dipengaruhi oleh kebiasaan, sehingga metodenya berbeda-beda pada setiap pemain. Tetapi jika kita ingin mencoba latihan pagi sebelum sarapan, berikut tips aman yang bisa dicoba. 

Tidur Cukup

Bangun pagi hari dipengaruhi oleh jam biologis dan waktu tidur. Maka jika kita ingin latihan pagi hari, cukupkanlah kebutuhan waktu tidur malamnya sehingga tubuh siap untuk beraktivitas fisik saat pagi hari.

Sesuaikan Porsi Latihan 

Lakukan latihan dan sesuaikan dengan kondisi, diawali dengan pemanasan, peregangan/ stretching, dan mulailah secara bertahap dengan intensitas gerakan ringan terlebih dahulu.

Cukup Minum

Cairan tubuh akan berkurang seiring keluarnya keringat selama kita berlatih. Minumlah sekitar setengah hingga satu liter air putih/ mineral sebelum dan sesudah latihan. Kita dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh pada dua atau tiga jam sebelum menjalani latihan.

Istirahat dan Makan

Tidak semua pemain mampu melakukan latihan sebelum sarapan. Jika kita selama latihan merasa kelelahan atau mulai merasa lapar, berhentilah latihan untuk mencegah penurunan massa otot. Makanlah camilan sehat untuk memberikan energi tubuh.

Makan setelah Latihan 

Baik sudah sarapan ataupun belum dalam menjalani latihan, kita disarankan untuk kembali makan dalam 45 menit setelah latihan. Tidak hanya karbohidrat, makanan tinggi protein dan bergizi baik untuk mengembalikan energi yang hilang.

Sarapan dan latihan memiliki peran yang sama penting bagi kesehatan. Banyak ahli menyarankan untuk olahraga termasuk tenis meja sebelum sarapan. Namun  harus tetap disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan setiap pemain.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/10/sehatkan-tubuh-dengan-tenis-meja.html?m=1

Latihan tenis meja dengan perut kosong (belum sarapan) mungkin efektif untuk orang yang ingin membakar lebih banyak lemak. Tetapi bagi orang yang ingin membentuk otot atau penderita penyakit tertentu, sarapan sebelum latihan merupakan pilihan yang lebih baik.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar