Cari Blog Ini

Selasa, 09 Januari 2024

Menang karena Hoki dalam Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Selain keterampilan yang dimiliki pemain, dalam bermain tenis meja dipengaruhi banyak faktor, baik internal maupun eksternal. Faktor yang sering diucapkan oleh pemain sesaat setelah memenangkan pertandingan adalah kata "HOKI". Pemain mengucapkan kata ini sebenarnya sebagai ungkapan rendah hati, dengan kata lain tidak sombong dengan kemenangannya.

Kata hoki muncul dan digunakan dalam pergaulan sehari-hari. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hoki memiliki makna sebagai peruntungan atau nasib baik.

Keberuntungan dalam bermain tenis meja bisa berhubungan dengan suatu kejadian atau hasil yang dianggap positif oleh pemain. Bola mengenai ujung meja lawan atau mengenai net dan jatuh di meja lawan sehingga menghasilkan poin untuk kita adalah termasuk keberuntungan/ hoki bagi kita. Tidak ada unsur kesengajaan, tetapi nasib baik berpihak ke kita. 

Faktor hoki tidak dapat dijelaskan atau diprediksi, dan kadang-kadang pemain merasa beruntung saat sesuatu yang baik terjadi tanpa alasan yang jelas.

Dalam pertandingan/ turnamen, terdapat faktor keberuntungan yang memengaruhi hasil akhir. Bola yang memantul secara tak terduga, cuaca yang tak bersahabat, atau faktor lainnya dapat menjadi penentu kemenangan atau kekalahan dalam tenis meja. Faktor keberuntungan itulah yang sering disebut sebagai "hoki".

Hoki tidak dapat diraih dengan cara dipelajari, tetapi datangnya secara tidak diduga-duga. Bagaimana cara mendapatkannya? Berdoa, dengan harapan agar nasib baik/ keberuntungan ada dalam diri kita, titik.

Tetapi dalam bermain tenis meja kita tidak boleh mengandalkan datangnya hoki, karena kita tidak tahu hoki itu akan datang kepada kita atau malah kepada lawan. Terpenting kita harus berusaha dan berjuang sekuat tenaga dan pikiran, selebihnya serahkan hasilnya kepada Sang Pencipta.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/10/tips-menuju-tangga-juara-pada-tenis-meja.html?m=1

Terlepas dari kita mendapatkan hoki atau tidak, kalah atau menang adalah hal yang lumrah dalam suatu pertandingan. Kalah dan menang selalu ada hikmah yang bisa kita petik. Pemenang sejati adalah ketika kalah tidak sampai merasa terpuruk dan berusaha segera bangkit, dan saat menang tidak menjadi jumawa atas pencapaiannya.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar