Cari Blog Ini

Rabu, 31 Januari 2024

Keuntungan Servis dari Tengah Meja pada Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Setiap pemain mempunyai kemampuan penguasaan pukulan servis yang berbeda-beda. Servis mempunyai tujuan untuk memudahkan pukulan lanjutan. Mayoritas pemain melakukan servis dengan posisi dari sebelah kiri meja. Tetapi ada beberapa yang melakukan servis dari tengah meja karena mempunyai beberapa keuntungan.

Bagi pemain yang mempunyai kemampuan pukulan spin forehand bagus, servis dari sisi kiri meja akan menguntungkan pada bola kedua untuk melakukan spin forehand. Tetapi bagi pemain dengan penguasaan pukulan backhand lebih bagus akan banyak mendapatkan keuntungan jika posisi servis dari tengah meja.

Diantara keuntungan yang didapat bagi pemain dengan backhand bagus jika melakukan servis dari posisi tengah meja adalah posisi backhand kita sudah siap untuk meng-counter return bola dari lawan. Keuntungan lainnya, jangkauan terhadap bola return lawan akan semakin dekat, tidak memerlukan langkah kaki yang banyak untuk melakukan akselerasi pukulan bola kedua dan seterusnya. 

Servis dari posisi tengah meja seringkali dilakukan oleh pemain dengan karet bintik panjang. Atau pemain wanita yang cenderung pukulan backhandnya lebih bagus ketimbang pukulan forehandnya. Rosi Pratiwi Dipoyanti salah satu contoh pemain nasional yang seringkali melakukan servis backhand dari sisi tengah meja pada masanya.

Seperti kita tahu, servis merupakan pukulan awal mulainya permainan. Servis harus kita rencanakan agar permainan selanjutnya berjalan sesuai kemauan kita. Posisi mengawali servis dari sisi kiri, tengah maupun sisi kanan mempunyai keuntungan masing-masing, jadi harus disesuaikan dengan pukulan apa yang akan kita lakukan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/03/peraturan-servis-tenis-meja.html?m=1

Servis tidak harus mematikan, terpenting adalah bagaimana agar return bolanya memudahkan kita untuk melakukan pukulan lanjutan. Keuntungan Servis yang baik merupakan keuntungan untuk mengelola jalannya permainan.

Tentukan posisi, arah dan putaran bolanya saat melakukan servis agar kita mendapatkan keuntungan, dan jangan membuang-buang kesempatan dengan melakukan kesalahan servis.

Bagi pemain dengan kemampuan pukulan backhand yang lebih dominan bisa mencoba melakukan servis dari sisi tengah meja. Silahkan berlatih dan bereksplorasi dengan variasi pukulan servis.


Semangat sehat dan salam 🏓









Tidak ada komentar:

Posting Komentar