Cari Blog Ini

Selasa, 30 Januari 2024

Cara Mengatasi Topsheet Yang Terkelupas dari Spons-nya pada Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Lagi-lagi, membicarakan tentang karet memang tak ada habisnya dalam tenis meja. Bukan hanya efek bola dari karetnya saja, tetapi bagaimana memperlakukan dan merawat karetnya jika lembaran atas karetnya (topsheet) terlepas dari spons nya.

Ada beberapa merk karet yang seringkali jika dicopot dari kayunya lembarannya ikut terlepas juga dari sponsnya. Dan ini terkadang membuat kita menyayangkan karena karet menjadi tidak dapat dipakai lagi setelahnya.

Apakah lembaran karet yang terlepas dari spons nya bisa ditempel kembali? Jika bisa, lalu menggunakan lem apa, apakah boleh menggunakan lem berbahan dasar air yang biasa kita gunakan untuk merekatkan karet kita pada kayunya? Jika cara ini bisa dilakukan tentu akan menghemat banyak uang daripada membeli karet lain.

WBG (Water Base Glue/ lem air), roller, dan beberapa buku atau mesin press dapat menjadi solusi membantu merekatkan kembali karet dengan spons nya. 

Cara mengatasinya cukup mudah.

Kita cukup membersihkan spons dari kotoran sisa lem dan pimple yang menempel. Setelah benar-benar bersih kemudian spons tersebut kita olesi lem secara merata, demikian juga bagian pimple karetnya. Tunggu sampai benar-benar kering, lantas tempelkan spons pada lembaran karet dengan hati-hati, lalu beri tekanan dengan roller yang sudah kita siapkan sebelumnya atau menumpuk buku di atasnya semalaman agar hasilnya lebih optimal.

Biasanya lebar spons dan topsheet tidak sinkron lagi, topsheet akan lebih lebar daripada sponsnya. Ini terjadi karena sponsnya menciut atau  lembaran karet/ topsheetnya yang mengembang. Cukup ambil gunting untuk merapihkannya. Simpel bukan?

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/tips-memasang-karet-tenis-meja-agar.html?m=1

Jika kita bisa merekatkan kembali lembaran karet ke spons nya, mengapa harus membeli karet yang baru? Lumayan bisa menghemat pengeluaran kan? 

Karet memang mempunyai peranan penting guna mendukung performa permainan, namun keterampilan tangan dalam menguasai permainan jauh lebih penting.

Berlatihlah untuk meningkatan keterampilan yang kita miliki, kemudian pilihlah bet/ karetnya yang sesuai dengan karakter bermain kita.


Semangat sehat dan salam 🏓




Tidak ada komentar:

Posting Komentar