Cari Blog Ini

Jumat, 05 Januari 2024

Bagaimana Cara Kerja Karet ANTI dalam Tenis Meja?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Dalam olahraga tenis meja, banyak pemain yang mengeksplore set up alatnya (terutama jenis karet) dengan harapan pukulannya akan sulit diantisipasi oleh lawan. Karet bintik (panjang, medium dan pendek) menjadi yang paling banyak diminati. Bukan tanpa alasan, dengan menggunakan karet bintik dapat menyulitkan lawan. Ada sebagian lagi yang memilih menggunakan karet antispin. 

Karet bintik maupun antispin sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan, sama halnya seperti karet licin normal pada umumnya. Semua akan mudah jika kita sudah mengetahui teknik cara menggunakannya, dan akan terasa sulit jika kita belum paham bagaimana cara mengantisipasinya.

Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara kerja karet antispin. Karet antispin adalah sebuah karet inverted yang tidak menghasilkan putaran (spin). Karet antispin memiliki sifat menetralkan putaran bola yang datang. Sangat efektif untuk melakukan pukulan blok dan bermacam pukulan dropshot atau pukulan pendek mendadak di dalam meja dekat net. Dan jika memukulnya dengan cara didorong, maka akan menghasilkan bola hampa (no spin).

Karet antispin tidak melulu untuk bertahan, bisa juga untuk menyerang. Antispin sangat baik untuk melakukan pukulan smash datar yang mematikan (flat kill). Karet antispin juga memiliki sifat meneruskan putaran bola dengan mudah sebagaimana bola datang (mirip seperti karet bintik panjang)

Sulit melawan pemain berkaret bintik dan antispin, hoax atau fakta?

Bagi pemain lawan yang sudah paham dengan cara kerja karet (bintik dan antispin), mereka akan tahu bagaimana cara mengatasi permainannya, dan bahkan dapat mengendalikan jalannya permainan. Bagi pemain lawan yang belum paham, tentu akan mengalami kesulitan dalam bermain, tetapi tenang semua bisa dipelajari.

Dalam bermain tenis meja kita tidak dapat mengandalkan alat 100%, karena alat hanya sebagai pendukung. Terpenting adalah skill/ kemampuan (tangan) yang harus selalu ditingkatkan. Dengan skill yang matang kita akan dengan mudah mampu menghadapi lawan dengan gaya dan set up karet apapun.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/rahasia-cara-melawan-karet-bintik.html?m=1

Jangan terlalu fokus gonta-ganti set up alat (kayu dan karet) karena itu hanyalah pendukung, tetapi fokuslah untuk meningkatkan kemampuan keterampilan (skill). 


Semangat sehat dan salam 🏓



2 komentar:

  1. Mantap Om Kas, aku lagi belajar baru 3x ini pakai karet anti spin
    Joozzz matur nuwun pengetahuan nya

    BalasHapus
  2. Sama2, sukses dan sehat selalu ya om..

    BalasHapus