Cari Blog Ini

Senin, 08 Januari 2024

Kalah Menyakitkan di Perempat Final Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Tenis meja merupakan olahraga unik. Alat pemukul yang dipakai (blade/ bet)  sangat berpengaruh terhadap laju dan putaran bola. Ada pemain grade atas kalah dari pemain grade bawah, dan terkadang penyebabnya selain faktor keberuntungan yang belum berpihak juga karena tidak cocok dengan bola lawan. Keterampilan menjadi alasan yang wajib ditingkatkan agar dapat menguasai pertandingan dengan lawan yang memakai bet/ karet apa saja.

Mengawali tahun 2024, saya menyesal harus tersingkir secara menyakitkan di perempat final pada sebuah turnamen. Saya memulai pertandingan dari babak penyisihan dengan sangat baik, namun harus tersandung di perempat final dengan menelan kekalahan 1-3 (4-11, 10-12, 11-8 dan 9-11). Saya merasakan karet saya seperti lembab, alhasil seringkali pukulan spin saya menjadi ngempos dan bahkan slip. Sebetulnya di babak perempat final tersebut saya mempunyai kans untuk menang. Sempat unggul 7-5 di set terakhir namun beberapa kesalahan membuat lawan bisa menyusul.

Bukan bermaksud mencari kambing hitam, intinya saya harus lebih banyak belajar dan berlatih kembali. 

Kalah di perempat final tentu menyakitkan. Bagaimana tidak? Minimal podium tiga sudah ditangan jika bisa melewati babak perempat final. Tetapi itulah permainan, dan kita sebagai pemain harus siap untuk menang dan siap untuk kalah.

Satu, dua poin itu sangat penting pada pertandingan tenis meja. Setiap pemain dituntut untuk pandai menjaga agar tidak kehilangan poin, karena kita hanya membutuhkan 11 poin untuk memenangkan pertandingan dengan rally poin. Akan terasa cepat selesai jika permainan berjalan tidak seimbang.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/kompetisi-tenis-meja-sebagai-barometer.html?m=1

Ada menang ada kalah, itulah pertandingan. Belajar dari pengalaman adalah guru terbaik untuk kemudian dapat bermain dengan cerdas. Sikapilah kekalahan sebagai momen untuk kita berbenah diri melakukan latihan lebih giat lagi.


Semangat sehat dan salam 🏓








Tidak ada komentar:

Posting Komentar