Cari Blog Ini

Jumat, 19 Januari 2024

Tips Memperlambat Pengerasan Karet pada Bet Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Karet merupakan material terpenting dalam permainan tenis meja. Efek trampolin yang dihasilkan menjadi perhatian bagi para pemain. Tahukah kalian jika sifat karet yang menempel pada bet lama-kelamaan akan mengeras? Cepat atau lambat karet akan mengeras dan rusak akibat reaksi kimia yang ditimbulkan panas, minyak, atau bahkan sekedar oksigen. Dengan demikian, membatasi paparan panas, minyak, dan oksigen terhadap karet merupakan salah satu cara untuk menunda pengerasannya. Namun sebaliknya pada saat yang sama, menggunakan panas dan minyak dengan benar bisa memulihkan tekstur karet untuk sementara, walaupun pada akhirnya akan tetap mengeras.

Lantas bagaimana cara memperlambat pengerasan karet?

Rawat dan periksa karet secara teratur untuk mengetahui pengerasannya.

Pelan tetapi pasti, karet akan mengeras seiring waktu. Munculnya warna putih atau warna lainnya di permukaan karet menandakan ada reaksi kimia yang berlangsung. Karet tidak tahan terhadap ozon dan sinar UV, juga minyak tanah. Selain itu, suhu di bawah di bawah -55 atau di atas 104°C bisa merusak karet dengan cepat. Sementara itu, suhu ekstrem secara umum akan mempercepat degradasi dan pengerasan karet. 

Karet mempunyai sifat elastis karena terbuat dari rantai molekul yang saling terkait dan bisa berubah menjadi lurus jika ditarik. Degradasi rantai molekul ini dapat terjadi akibat tekanan berulang atau berlebihan. 

Periksa tanda-tanda kerusakan pada karet

Karet yang retak tidak akan menyatu kembali sekalipun dilunakkan. Pilihannya hanyalah merekatkannya kembali dengan lem atau menggantinya. Tidak ada solusi ajaib untuk mengatasi masalah ini.

Jaga kebersihan karet

Tidak banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah paparan oksigen, fluktuasi suhu, dan cahaya terhadap karet, karena memang alamiah. Namun membersihkan kotoran bisa membantu mencegah kerusakan karet akibat minyak. Bersihkan karet dengan pembersih khusus yang banyak dijual di toko olahraga maupun secara online. Bisa juga di lap bersih saja menggunakan kain halus atau spons yang sudah dibasahi dengan sedikit air bersih sebelum disimpan. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/tips-merawat-blade-bet-atau-karet.html?m=1

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/05/cara-merawat-raket-bet-tenis-meja.html?m=1

Simpan bet dalam wadah kedap udara untuk menunda pengerasannya.

Jika memungkinkan, keluarkan sebanyak mungkin udara (dan oksigen) dari wadah tersebut sebelum menutupnya. Memasukkan bet dalam wadah dan sedikit  udara di dalamnya bisa cukup menghambat proses pengerasan karet. 

Jika bet dalam jangka waktu cukup lama tidak dipakai, karetnya akan sangat rentan terhadap oksidasi, karena adanya senyawa sulfur yang ditambahkan ke dalamnya saat pembuatannya. Oksigen bereaksi dengan sulfur dan menghilangkannya dari dalam karet, sehingga membuatnya lebih rapuh.

Letakkan wadah dalam tempat yang kering dan gelap

Rentang suhu antara 20 hingga 25°C adalah pilihan yang tepat untuk menyimpan bet, walaupun suhu yang lebih rendah lagi juga bagus bagi karet

Rawatlah bet seperti kita merawat tubuh kita sendiri. Semakin awet alat yang kita pakai (kayu+karet) akan semakin efisien dari segi finansial. Seperti kita tahu, satu lembar karet saja harganya mencapai ratusan ribu.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar