Cari Blog Ini

Kamis, 11 Januari 2024

Hindari Bermain Aman pada Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Permainan olahraga tenis meja termasuk olahraga cepat dimana pemain dituntut mempunyai gerak reflek yang baik dalam penguasaan bola. Semakin cepat bola yang dihasilkan akan semakin sulit diantisipasi oleh lawan, terlebih dibarengi dengan kualitas putaran yang baik.

Dalam menerima servis misalnya, kita harus dapat membaca putaran bola yang datang dan sebisa mungkin mengembalikannya dalam situasi tidak mudah untuk diserang lawan. Kita tidak perlu takut kehilangan kesempatan atau salah membaca putaran dalam pertandingan. Hindari bermain aman, jangan pernah ragu dalam memukul bola, lebih baik melakukan putaran yang salah daripada hanya mencoba dan mendorong bola ke atas meja. Kita dapat belajar dari kesalahan membaca dan memainkan pukulan yang benar di lain waktu, tetapi kita tidak belajar apa pun hanya dengan mendorongnya kembali dan berharap itu terus berlanjut.

Menyerang atau attacking adalah suatu gerakan yang melibatkan pukulan offensif menggunakan pukulan topspin dan smash untuk memberikan tekanan kepada lawan guna mendominasi permainan. Kita harus mengembangkan keahlian dalam mengatur serangan, memilih momen yang tepat untuk melancarkan serangan. 

Efektivitas serangan memerlukan sinkronisasi antara gerak tubuh, gerak kaki, dan koordinasi mata-tangan untuk memastikan pukulan memiliki kekuatan dan akurasi. Bukan hanya meningkatkan kekuatan pukulan, tetapi juga memberikan kecepatan dan efisiensi yang diperlukan untuk mengantisipasi bola lawan serta mendominasi permainan.

Dalam situasi menyerang saat bermain tenis meja, pukulan drive umumnya menjadi senjata utama. Pukulan ini memberikan kecepatan dan putaran bola untuk menghasilkan pukulan yang kuat dan sulit diantisipasi oleh lawan. Keunggulan pukulan drive terletak pada kombinasi kecepatan dan kontrol yang bisa menciptakan tekanan ekstra pada lawan.

Yang tak kalah penting jika ingin meraih banyak poin dalam bermain tenis meja, kita harus menyiapkan blok untuk pertahanan yang baik guna merespons serangan lawan dengan cara memblokir bola dengan bet, terutama dalam situasi di mana kita memperlambat permainan, menjaga keseimbangan, dan merespons serangan lawan dengan kontrol yang baik.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/11/tips-membaca-permainan-lawan-pada-tenis.html?m=1

Dengan penguasaan teknik-teknik ini, kita bisa menciptakan permainan yang seru dan kompetitif. Nikmati permainannya, pemilihan peralatan yang tepat juga sangat penting dalam mendukung performa dalam bermain tenis meja.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar