Cari Blog Ini

Selasa, 04 Juli 2023

BAGAIMANA MEMILIH SPONS BET TENIS MEJA??


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Karet yang menempel pada alat pemukul tenis meja mempunyai tipe dan karakter kegunaannya. Lapisan antara lembaran karet bagian atas (topsheet) dan kayu bernama spons yang berfungsi seperti trampolin. 

Memakai karet dengan spons tebal atau tipis adalah pilihan bagi setiap pemain. Spons tebal akan terasa lembut dan akan memberikan efek putaran lebih banyak karena bola akan tenggelam jauh ke dalam lapisan spons yang meluncur keluar dengan kecepatan luar biasa dan putaran yang meningkat. Sedangkan spons tipis akan kurang "kenyal" dan terasa keras, karena bola pada umumnya akan tenggelam ke permukaan kayu.

Jika kita masih bingung memilih ketebalan spons, ketebalan 1.9mm merupakan pilihan secara umum. Lambat laun kita akan bisa menentukan ketebalan spons berapa yang akan kita pilih, sesuaikan dengan gaya san karakter bermain yang akan kita ciptakan. 

Gambarannya adalah, pemain yang berkarakter pukulan spin keras atau smash, akan lebih memilih spons yang lebih keras. Spons yang lebih padat memiliki lebih banyak energi yang tersimpan, tetapi juga membutuhkan kecepatan bet lebih banyak untuk menekan spons dan melepaskan energi ini. Pemain dengan gesekan pendek akan lebih memilih spons medium atau lebih lembut.

Secara alami, kualitas karet secara keseluruhan akan mengalami penurunan kualitas. Durasi pemakaian maupun kotoran, debu dan minyak yang menempel pada topsheet akan menambah menurunnya kualitas karet. Untuk itu, menjadi kewajiban kita untuk  menjaga dan merawat bet agar lebih awet. 

Bersihkan karet selama dan atau setelah setiap sesi bermain selesai. Pembersih khusus yang diformulasikan akan meremajakan permukaan karet dan memperpanjang durabilitas.  Berikan pelindung dengan menambahkan lapisan pertahanan dari udara untuk lembaran karet. Sidetape tambahan juga akan membantu menahan benturan jika kebetulan bet jatuh ke lantai.  Bet juga harus kita jauhkan dari benda panas. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/dampak-karet-spons-tipis-19-mm-ke-bawah.html?m=0

Seiring berjalannya waktu pemakaian, karet akan menghasilkan putaran yang lebih sedikit dari sebelumnya dan akan terasa kurang nyaman ketika dipakai. Penurunan kualitas tersebut bervariasi tergantung seberapa sering dipakai untuk bermain.

Lakukan penggantian karet secara berkala untuk mendukung performa permainan kita secara maksimal. 



Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar