Cari Blog Ini

Sabtu, 01 Juli 2023

Pentingnya Chemistry dan Mengolah Ekspektasi bagi Pelatih pada Tenis Meja

Oleh : Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 



Jasa pelatih atau personal trainer seringkali dijadikan pilihan oleh beberapa pemain.  Namun, beberapa pemain justru merasa tidak nyaman dengan tuntutan para pelatih ketika proses latihan berlangsung.

Pelatih memberikan pelatihan sesuai program latihan yang sudah ditetapkan. Dalam kurun waktu tertentu, terkadang pelatih memberikan target kepada pemain harus sudah menguasai teknik yang diajarkan. Bagi pemain yang merasa kesulitan dalam memahami dan mengimplementasikannya, terkadang menjadi minder. 

Ternyata, memilih pelatih pun tidak bisa dilakukan secara asal. Dibutuhkan chemistry yang cukup kuat antara pelatih dan yang dilatih. Ucapan yang disampaikan pelatih kepada anak didiknya mampu mempengaruhi mental seseorang.

Pemain pada saat memutuskan memakai jasa pelatih tentu mempunyai alasan dan goals yang berbeda-beda. Berangkat dari sinilah bagaimana pentingnya mengolah ekspektasi bagi pelatih agar tidak berlebih. 

Coaching itu bukan soal ego pelatih. Pelatih pasti inginnya semua anak didik yang latihan bersama nya dalam satu tahun progresnya sama. Tapi coaching itu soal client-nya (anak didiknya) itu sendiri.

Pelatih tidak memiliki kontrol atas hidup setiap orang yang dilatihnya. Sehingga penting untuk mengolah ekspektasi tersebut agar bisa menyesuaikan pada perkembangan setiap client-nya. Sebagai coach, kita tidak bisa memaksakan ekspektasi kita kepada anak didik. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/03/coaching-clinic-tenis-meja-apa.html?m=1i

Ketika sampai fase tertentu, pelatih tahu anak didiknya akan menjadi seperti apa. Kemampuan dan skill yang bisa diserap pemain berbeda-beda. Ada yang bisa dikembangkan menjadi pemain profesional, pemain hobi dan lain-lain. Jika diibaratkan seperti sopir bus, pelatih hanya akan mengantar ke tujuan mana pemain akan pergi. 


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar