Cari Blog Ini

Selasa, 18 Juli 2023

Posisi Menerima Servis Tenis Meja


Oleh: Kasmono  Monex, penggemar hidup sehat




Tenis meja atau pingpong merupakan cabang olahraga yang membutuhkan ketelitian dalam mengantisipasi datangnya bola dari lawan. Bola isi, kosong, side dll harus dicermati dengan konsentrasi tinggi.

Dalam menerima servis misalnya, pemain harus memposisikan badannya sesuai gerakan pukulan yang akan dilakukan.
Teknik posisi badan tersebut dinamakan stance. 

Mengapa stance sangat penting dalam bermain tenis meja?  Bayangkan saja jika saat sedang bermain posisi tubuh kita out of position (tidak semestinya), lawan bisa saja memberikan bola servis di area yang terlihat lemah atau lowong ketika posisi badan tak imbang. Pemain juga akan kesulitan memukul bola yang sebenarnya mudah, tetapi dalam posisi badan tengah limbung, bukan?

Teknik stance dalam tenis meja terbagi menjadi tiga jenis yaitu square stance, open stance, dan side stance.

Square Stance 
Stance atau posisi badan yang digunakan untuk siap menerima servis adalah square stance, lebih fleksibel untuk menjangkau bola di semua sudut meja. 

Dengan posisi badan berdiri menghadap penuh ke depan meja dengan kedua kaki yang terbuka selebar bahu, kedua kaki menumpu berat badan, posisi lutut dalam keadaan ditekuk, posisi badan dalam keadaan agak dicondongkan ke depan dan pandangan fokus ke depan, teknik square stance ini sangat cocok untuk penguasaan area meja dalam menerima servis. 

Side stance 
Teknik ini biasanya digunakan oleh spinner murni. Dengan memposisikan tubuh cenderung di samping luar sudut meja dengan harapan datangnya bola akan dapat langsung dispin. Namun pada posisi ini di sisi sudut meja lainnya ada kekosongan. Bagi pemain pemula tentu akan menjadi kendala jika datangnya bola di area tersebut. 

Open stance
Open stance adalah teknik yang dapat digunakan untuk backhand block. Cocok digunakan oleh pemain backhand blocker, misalnya pemain dengan karet bintik panjang yang mengandalkan block backhand.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/tips-cara-mengembalikan-servis-tenis.html

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/03/peraturan-servis-tenis-meja.html

Silahkan pilih posisi tubuh / stance yang paling sesuai dengan karakter dan kenyamanan bermain, sehingga akan mendukung performa permainan secara keseluruhan. 


Semangat sehat dan salam 🏓








Tidak ada komentar:

Posting Komentar