Cari Blog Ini

Kamis, 06 Juli 2023

Metode Latihan Tenis Meja untuk Anak (pemula)

 


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 



Metode pengenalan tenis meja untuk anak biasanya diawali dengan mengenalkan peralatan permainan. Dengan mengenalkan alat tersebut, berharap anak bisa memahami karakteristik alat yang akan digunakan dalam permainan.

Tenis meja merupakan salah satu olahraga permainan yang cukup populer. Olahraga ini banyak dipertandingkan dalam skala lingkungan yang kecil hingga skala internasional. 

Peralatan yang akan digunakan dan teknik dasar menjadi wajib dikenalkan terlebih dahulu kepada anak yang baru akan memulai latihan tenis meja. 

Beberapa metode pengenalan tenis meja kepada anak yang baru memulai latihan bola kecil ini, diantaranya:

1. Metode Sentuhan, Pantulan dan Keseimbangan
Metode ini bertujuan untuk menyesuaikan antara pemain dengan bola dan bet (alat pemukul), agar anak lebih mengenal karakteristik alat permainan.

Bentuk latihan yang bisa diterapkan diantaranya dengan memantulkan bola ke atas dengan bet. Pertama dapat dilakukan dengan satu sisi saja dari depan atau belakang bet saja. Selanjutnya jika sudah lebih paham, bisa mengombinasikan dua gerakan tersebut.

Metode pengenalan tenis meja ini dapat ditingkatkan dengan kombinasi gerakan lebih bervariasi. Cobalah dengan mengarahkan untuk memainkannya dengan berjalan maju, mundur, samping kiri dan kanan.

Cara kedua adalah dengan memantulkan bola ke arah lantai, mulai dari diam di tempat, dilanjutkan sambil berjalan maju mundur atau ke kiri dan ke kanan. 

2. Metode Pantulan Bola ke Dinding
Memantulkan bola ke arah dinding, merupakan gerakan yang cukup disukai anak-anak, latihan ini akan membantu anak dalam berkonsentrasi serta melatih kelincahan dalam pergerakannya.

Awali dengan memantulkan bola ke dinding menggunakan sisi depan bet atau sisi belakang saja, lalu kombinasikan kedua gerakan tersebut secara bertahap layaknya sedang bermain dengan lawan. Tentukan area sasaran bola agar anak belajar mengontrol pukulan. 

3. Metode Multiball
Setelah metode-metode di atas dilalui, langkah selanjutnya adalah berlatih cara memukul bola. Metode multiball akan membantu melakukan pukulan secara konsisten dan terarah. 

4. Metode Play Game
Metode ini mendekatkan kepada simulasi bermain. Variasikan dengan mengajak orang lain untuk melakukan latihan bersama agar lebih efektif. Kemudian secara bertahap kombinasikan pukulan pelan dan keras secara bergiliran. 

Jika menggunakan pelatih, anak bisa bermain langsung dengan pelatihnya. Selalu jaga semangatnya dan berusaha menjaga bola agar tetap hidup selama mungkin. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/06/usia-dini-atlet-tenis-meja-oleh-kasmono.html?m=1

Kesabaran menjadi kunci utama bagi pendamping atau pelatih dalam membimbing anak berlatih. 


Semangat sehat dan salam 🏓

.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar