Cari Blog Ini

Senin, 31 Juli 2023

Cara Meningkatkan Kualitas Spin Tenis Meja

 


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 



Teknik spin dalam tenis meja merupakan teknik pukulan yang paling dominan dimainkan, karena dalam olahraga tenis meja mengutamakan putaran bola/ spin. 

Cara yang paling sederhana untuk meningkatkan putaran dalam tenis meja adalah dengan mengoptimalkan gesekan bet dengan bola. 

Putaran dimulai dari kaki kita dan naik ke tubuh kita, dilanjutkan ke tangan sebagai eksekutor dan akselerator.

Meskipun berlawanan dengan intuisi, putaran datang dari bawah ke atas. Koordinasi antara footwork, pinggang dan tangan adalah kunci untuk menghasilkan teknik putaran bola yang bberkualitas. Kuda-kuda kaki dalam posisi rendah dan terpusat, kemudian gunakan transfer berat badan kita untuk meningkatkan jumlah putaran tersebut. 

Jika kita melihat atlet tenis meja dunia dalam melakukan spin, kita akan melihat mereka mengawali pukulan ini dengan melakukan tekukan lutut yang sangat jelas, yang memberi mereka lebih banyak akselerasi.

Koneksi kita dengan bola harus menjadi aksi mencambuk dengan kaki dan tubuh kita terlebih dahulu, badan kita berputar dengan transfer beban yang terkontrol, dan lengan kita harus menyelesaikan aksinya paling akhir sebagai eksekutor. 

Di sinilah kita mendapatkan semua kecepatan dan momentum yang tepat untuk memukul dan memutar bola ke tempat yang kita inginkan. Melatih kaki dan sikap bermain akan sangat penting dalam membantu meningkatkan putaran bola.

Tanpa menekuk kaki, kita akan merasakan tidak banyak gerakan, tidak memiliki banyak kekuatan dan lebih melelahkan di bahu dan lengan kita. 

Dapatkan kontak bola yang benar agar pengenaan bola dengan bet menghasilkan gesekan. Dan gesekan inilah yang menyebabkan bola berputar. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/mengenal-spin-putaran-bola-dalam-tenis.html

Bisa dicoba latihan dengan sedikit ekstrem, letakkan bola di mulut botol lalu coba melepaskannya dari botol tanpa menjatuhkannya dengan dengan teknik spin. Tanpa menjatuhkan botolnya memang sulit, tetapi begitu kita mendapatkannya, kita akan pergi dengan pukulan ringan yang menghasilkan putaran yang halus namun mematikan.

Metode ini memiliki kontrol pergelangan tangan sebagai bagian integral untuk mendapatkan lebih banyak putaran. Pergelangan tangan kita harus diarahkan ke depan dari titik relaksasi untuk menghasilkan putaran tambahan dan kualitas bidikan yang lebih baik. 


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar