Cari Blog Ini

Jumat, 14 Juli 2023

Mengapa Saya Suka Tenis Meja?


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 



Terlahir dari keluarga yang senang berolahraga, saya sangat bersyukur bisa mengenal dan berkesempatan bermain tenis meja. Walaupun hanya sebagai hobi, saya sangat menikmati bermain tenis meja. 

Awalnya saya belumlah tertarik dengan  tenis meja, karena di kampung saya yang ramai dimainkan adalah sepakbola. Sejak di bangku SMP, saya sudah bermain sepakbola. Sering mengikuti kompetisi baik di sekolah maupun di klub. Sebetulnya awalnya hanya 
menyalurkan hobi berolahraga, namun ternyata membuahkan beberapa prestasi dari sepakbola walaupun baru tingkat kabupaten. Dan alhamdulillah sampai bekerjapun berkat dari bermain sepakbola. 

Gantung sepatu dan tidak bermain sepakbola lagi di tahun 2002, saya beralih mencoba bulutangkis untuk menyalurkan hobi olahraganya. Hanya sebagai sarana bersosialisasi dengan warga saja awalnya, namun ada saja yang mengajak main di beberapa tempat (GOR Bulutangkis).

Titik balik terjadi di tahun 2017 ketika cidera bahu sering kambuh kala melakulan jumping smash di bulutangkis. 
Singkat cerita, tepat di bulan November 2017 saya mencoba olahraga baru untuk tetap bisa berolahraga. Tenis meja / pingpong menjadi pilihan alternatif dengan mempertimbangkan resiko cidera seminimal mungkin. 

Diawali bermain di gang lingkungan rumah kurang lebih tiga bulan, akhirnya memberanikan diri untuk mencari tempat latihan yang lebih menantang. Tertambatlah di salah satu GOR Tenis Meja di Bekasi. Kurang lebih satu tahun berlatih, alhamdulillah mulai terlihat progressnya. 

Desember 2018 menjadi memori awal yang tidak terlupakan ketika menjadi yang terbaik di salahsatu turnamen mini di Bekasi. Hal ini menjadi penyemangat latihan tentu, yang kemudian di rentang tahun 2018 - 2021 beberapa kali naik podium walaupun hanya level Bekasi Raya (kota dan kabupaten).

Menurut saya, tenis meja memberikan konstanta yang luar biasa di lingkungan tempat tinggal, pekerjaan, dan mencari teman baru. Setiap hari bertambah teman dari bermain tenis meja. Setiap teman dari komunitas apapun mempunyai karakter masing-masing, pintar-pintar saja kita membawa diri dalam pergaulan. 

Tenis meja menyatukan orang dari berbagai karakter, suku, agama, profesi dll. 
Dan menurut saya ada beberapa alasan kalian juga akan jatuh cinta dengan tenis meja:

Terbuka untuk Semua Orang
Tenis meja bukanlah olahraga yang individual dan penuh klik dengan banyak persyaratan sebelum kita dapat bermain. Kemanapun kita pergi, hanya bermodal blade / bet yang kita bawa kita bisa bermain di daerah tujuan. Tenis meja  adalah komunitas yang ramah.

Berteman
Berbicara tentang komunitas yang ramah, saya menjamin akan ada sambutan hangat untuk setiap klub tenis meja di manapun. Komunitas ini menjadi tempat yang ideal untuk bertemu orang baru dan menjalin pertemanan baru. 

Manfaat Kesehatan
Bagi orang diluar tenis meja, mungkin terlihat seperti olahraga santai, tetapi para kenyataannya jauh berbeda. Tenis meja identik dengan gerakan yang cepat, akurat, konstan dan menerapkan seluruh tubuh ke dalam setiap pukulan. Bermain tenis meja  bisa dilakukan dengan santai, tetapi bisa juga dilakukan dengan serius jika menghendaki untuk kompetisi dan prestasi. 

Gaya Pribadi
Setiap pemain bebas mengembangkan gaya permainannya sendiri. Bagi pemain otodidak biasanya mempunyai jenis pukulan yang unik dan tidak biasa. Jika ingin bekembang, pelajari dasar-dasar bermain tenis meja lalu putuskan ingin menjadi pemain seperti apa.

Baca juga : https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/sahabat-tenis-meja-oleh-kasmono-monex.html

Baca juga : https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/bahagia-itu-sehat.html

Mainkan dan sesuaikan dengan kecepatan gerakan kita.
Tidak semua pemain ingin menjadi juara nasional. Tenis meja sama asyiknya dimainkan santai dengan meja di bawah  pohon mangga, seperti halnya menginvestasikan setiap upaya di sebuah turnamen. Kita juga tidak perlu menuntut menjadi atlet kelas nasional untuk menjadi pemain yang hebat, karena dengan tetap bermain tenis meja dan dapat menjaga kesehatan adalah hal yang hebat. Tetapi jika kita dapat berprestasi anggap saja sebagai bonus berkat berlatih tenis meja selama ini.

Bagaimana menurut kalian tentang artikel ini?  Silahkan tulis di kolom komentar ya... 


Semangat sehat dan salam 🏓





2 komentar:

  1. Setiap saya main olahraga ini, saya jadi ingat teman saya yang pertama kali main tenis meja sama saya

    BalasHapus
  2. Menjadi memori indah ya? Tetap jaga silaturrahim dan salam sehat om...tks

    BalasHapus