Cari Blog Ini

Selasa, 25 Juli 2023

Tenis Meja Olahraga Tersulit??

 


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 


Olahraga tenis meja kurang populer jika dibandingkan dengan sepakbola dan bulutangkis di masyarakat Indonesia. Olahraga ini dianggap sepele dan tidak menarik bagi masyarakat umum. Banyak anak muda yang sama sekali tidak tertarik bermain tenis meja, dan mereka menganggap bermain tenis meja tidak terlihat keren.

Seseorang yang baru belajar tenis meja bisa saja memakan waktu berbulan-bulan untuk menguasai 'satu teknik saja'. Tidak hanya fokus terhadap gerakan tangan saat memukul bola, namun banyak aspek yang perlu dipelajari untuk menghasilkan pukulan yang baik dan benar. 

Tenis meja merupakan olahraga tersulit, apa alasannya? 

Mempelajari Teknik Butuh Banyak Waktu 
Tenis meja memiliki banyak sekali teknik yang harus dikuasai oleh setiap atlet. Bagi pemula, untuk dapat melakukan tekniknya dengan baik butuh waktu untuk mempelajarinya selama berbulan-bulan, karena selain memukul juga harus dibarengi dengan mengasah feeling. 

Ada beberapa teknik sulit dikuasai, bahkan atlet pun tidak banyak yang memakainya akibat tingkat kesulitannya. Teknik yang dimaksud adalah flick bahana. Untuk menguasai teknik ini butuh waktu lama dalam berlatih agar pukulannya matang. 

Membutuhkan Refleks Cepat
Refleks cepat menjadi salah satu faktor utama dalam tenis meja. Telat sepersekian detik saja dapat berakibat kehilangan poin bagi atlet yang bertanding. Refleks kaki dan badan juga harus cepat untuk mendukung tangan dalam memukul bola.

Seorang atlet harus cepat memutar tangannya ketika hendak memukul forehand atau backhand, sehingga refleks harus dilatih dengan metode latihan khusus. 

Laju Bola Yang Cepat
Meja pingpong yang relatif kecil, membuat bola yang dipukul dapat melaju dengan cepat.  Untuk mengantisipasinya, setiap atlet harus selalu bersiap dan konsentrasi dalam bermain.

Bola Berputar Kencang
Selain cepat, laju bola juga berputar. Putaran bola di tenis meja mempunyai empat jenis putaran berbeda. Dan setiap putaran pun memiliki teknik yang berbeda saat dalam mengantisipasinya.

Ketika pemain yang belum paham putaran bola bermain tenis meja, tak jarang bola pukulannya terpental ke atas, bahkan bisa terpental ke bawah.

Membutuhkan Konsentrasi Tinggi
Menjaga konsentrasi menjadi hal penting ketika bermain tenis meja. Penglihatan tajam harus fokus kepada lawan dan bola.

Seluruh Anggota Tubuh Ikut Berperan
Satu teknik dalam tenis meja membutuhkan peran seluruh anggota tubuh agar menghasilkan pukulan yang baik.

Tumpuan kaki (kuda-kuda) menjadi kunci ketika tangan memukul bola, Semua anggota tubuh memiliki andil menghasilkan pukulan yang baik sesuai perannya masing-masing.
Ketika salah satu anggota tubuh kita cedera, maka kita tidak dapat bermain dengan maksimal.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/05/skill-dasar-tenis-meja.html?m=1

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/pemula-wajib-tahu-teknik-memegang-bet.html?m=1

Bagi orang awam bermain tenis meja itu sulit, apakah bagi pemain seperti kalian juga menganggap permainan ini sulit? 



Semangat sehat dan salam 🏓



6 komentar:

  1. Kalau belum paham emang sulit,,tetapi kalau sudah paham biasa biasa ajah enjoy 😁

    BalasHapus
  2. tidak ada yg sulit klo kita mau belajar dan berlatih

    BalasHapus
  3. Setuju dengan tulisan ini, tidak mudah menguasai teknik bermain tenia meja dengan cepat, butuh waktu yg panjang,, beda jika dibandingkan dengan olahraga lainnya seperti sepakbola, badminton dll yg memang teknik pukulannya banyak menganbil gerakan yg kita lakukan sehari-hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih om, semangat sehat untuk semua

      Hapus