Cari Blog Ini

Selasa, 01 Agustus 2023

Tangan Bebas Dilarang Menyentuh Meja Pingpong

  


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Tenis meja merupakan olahraga rumit dan banyak sekali teknik yang harus dipelajari untuk bisa menguasainya secara baik. Bagi pemain pemula, untuk menguasai satu teknik saja dibutuhkan waktu berbulan-bulan, bahkan beberapa tahun. Belum lagi peraturan-peraturan yang harus dimengerti dan dipahami oleh setiap pemain.

Apakah yang dimaksud dengan tangan bebas?
Tangan bebas adalah tangan yang tidak memegang bet / alat pemukul. Untuk pemain kidal, tangan kanan adalah tangan bebas, dan begitu sebaliknya.

Menurut peraturan tenis meja, dalam sebuah reli permainan ada beberapa yang boleh dan tidak boleh menyentuh meja.

Seringkali kita melihat bet pemain terkena meja saat memukul bola, atau pakaian dan bagian tangan yang memegang bet menyentuh meja misalnya, dan itu boleh. Dengan kata lain, pemain dapat dan diperbolehkan menyentuh meja dengan bagian tubuh manapun tanpa disengaja, terkecuali dengan tangan yang bebas.
Tetapi jika kita menyentuh meja dengan tangan yang bebas maka tidak diperbolehkan menurut peraturan tenis meja.

Selama menjalani reli permainan, kita harus berhati-hati agar tidak meletakkan tangan bebas kita di atas meja secara tidak sengaja saat memukul bola, karena ini adalah kesalahan yang dapat kita dihindari.

Apakah mungkin memindahkan bet ke tangan bebas saat sedang bermain ?
Ya, mungkin dan diperbolehkan untuk memindahkan bet ke tangan satunya. Dengan demikian tangan bebas akan berpindah ke tangan yang lainnya (tangan yang tidak memegang bet. Tangan yang sebelumnya  memegang bet kemudian menjadi tangan bebas dan tidak boleh menyentuh meja.

Apakah boleh memindahkan meja selama permainan?
Tidak, peraturan tenis meja dengan jelas menyatakan bahwa meja tidak boleh dipindahkan, karena dianggap sebagai kesalahan dan akan menghasilkan poin untuk lawan.

Oleh sebab itu, kita harus berhati-hati untuk tidak memindahkan meja secara tidak sengaja, misalnya ketika berdiri jauh di belakang meja dan lawan memainkannya secara singkat bola dekat net, maka kita akan berusaha berlari menjangkau bola tersebut. Pada situasi ini kita harus lebih berhati-hati agar gerakan kita tidak sampai mendorong meja. Jika wasit melihat adanya "gerakan meja" dan dicatat sebagai pergerakan permukaan permainan maka wasit akan menganggapnya sebagai kesalahan. Tetapi sampai saat ini belum ada konfirmasi resmi, sehingga masih tergantung dari toleransi wasit.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/peraturan-permainan-tenis-meja-jika.html

Berlatih tenis meja menggunakan jasa pelatih biasanya fokus dengan berbagai teknik bagaimana cara memukul. Tentang peraturan bermain biasanya kurang diperhatikan, tetapi jika pemain bertanya pasti pelatih akan dengan senang hati menjelaskannya.



Semangat sehat dan salam 🏓


2 komentar:

  1. Topik menarik dan bermanfaat Pak, nambah ilmu pengetahuan jadinya.
    Mohon bisa dibahas di artikel selanjutnya, definisi dari bidang meja permainan. Apakah base dudukan tiang net termasuk bidang permainan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih support dan masukannya, om As'at. In Sha Allah..

      Hapus