Cari Blog Ini

Rabu, 30 Agustus 2023

Selebrasi Tenis Meja, adakah makna dan pesannya?


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Mengekspresikan rasa suka cita atas pencapaian sesuatu itulah selebrasi. Dalam dunia olahraga termasuk tenis meja, selebrasi pemain merupakan hal yang wajar dilakukan oleh pemain ketika memenangkan suatu pertandingan. Apakah selebrasi mempunyai makna ataupun pesan?

Merayakan kebahagiaan dengan selebrasi tak jarang akan menimbulkan emosi bagi semua orang yang terlibat atas sesuatu yang dicapai.

Proses panjang menjalani latihan dan perjuangan yang tidak mudah untuk pencapaian yang diraih menjadikan selebrasi sesuatu yang wajar diekspresikan oleh setiap pemain yang mengalaminya.

Arti dan Pesan Selebrasi

Komunikasi tidak hanya secara verbal atau diucapkan, tetapi bisa secara nonverbal atau dengan isyarat tubuh. Baik verbal maupun nonverbal sama-sama mempunyai arti dan pesan. Namun bagi pemain, menyampaikan pesan nonverbal yang dibungkus dalam gerakan tubuh lebih ekspresif, menarik dan unik.

Definisinya mencakup perilaku atau gerakan tubuh yang disengaja atau tidak disengaja sebagai bagian dari peristiwa komunikasi secara keseluruhan

Karena selebrasi membawa arti dan pesan, maka berhati-hatilah dalam mengekspresikannya. Jika berlebihan dan tidak tepat bisa saja menjadi bumerang bagi pemain tersebut. Menjadi cibiran atau bahkan terkena sanksi dari panitia bisa saja terjadi. 

Seperti yang pernah terjadi pada diri Zhang Jike, ketika berhasil merebut gelar Juara Dunia setelah mengalahkan rekan senegaranya Ma Long pada 26 Oktober 2014, uang hadiah sebesar USDRp 45 ribu (sekitar Rp544 juta) yang harusnya ia terima terpaksa ditarik kembali oleh pihak panitia, lantaran Zhang melakukan selebrasi berlebihan dengan menendang dua papan iklan hingga hancur.

Atlet China Liang Jingkun juga pernah didiskualifikasi oleh Asosiasi Tenis Meja China setelah melakukan selebrasi yang tidak pantas pasca pertandingan dengan rekan setimnya Lin Gaoyuan dalam kompetisi tenis meja Kejuaraan WTT Makau 2022.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/08/cho-lecho-lecho-ledalam-tenis-meja.html?m=0

Tetaplah jaga kesopanan dan sportivitas dalam melakukan selebrasi, jangan sampai merayakan kebahagiaan tetapi malah berbuah  kesedihan akibat tindakannya.



Semangat sehat dan salam 🏓


 


2 komentar: