Cari Blog Ini

Rabu, 02 Agustus 2023

Apa Definisi Bidang Meja Permainan Tenis Meja??

 


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Lapangan yang digunakan untuk permainan tenis meja berbentuk meja persegi panjang dan terbuat dari kayu dengan permukaan yang rata. Meja yang digunakan biasanya berwarna seperti hijau tua. Namun pada perkembangannya kini sudah ada yang berwarna ungu dan abu-abu seperti yang sudah diatur oleh Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF). Pada setiap tepi meja diberi garis putih dengan lebar 2 cm. Garis panjang disebut dengan garis tepi panjang, garis pendek disebut garis akhir. Meja harus diletakkan pada permukaan yang datar.

Ukuran meja memiliki panjang 2,74 meter, lebar 1,525 meter, dan tinggi 76 sentimeter yang dihitung dari permukaan tanah

Di tengah meja yang disebut dengan garis tengah terdapat garis putih selebar 3mm (1/8 inci). Pada permainan ganda/ double, area dibagi menjadi bagian kiri dan kanan dan jaring ditempatkan di antara 2 bagian meja.

Meja juga harus memenuhi kriteria dari segi pantulan, yaitu harus menghasilkan pantulan sekitar 23 cm dari bola yang dijatuhkan dari ketinggian 30 cm.

Net/ Jaring
Net berfungsi sebagai pembagi meja menjadi dua bidang/ bagian yang sama luasnya. Net yang digunakan dalam permainan tenis meja biasanya terbuat dari nilon atau bahan lain yang sejenis. Umumnya berwarna hijau tua dan di bagian sisinya dilapisi dengan kain atau pita yang berwarna putih.

Ingat, net hanya sebagai pembagi bidang meja permainan ya. Walaupun bola melewati samping net asalkan jatuhnya bola di dalam bidang meja maka akan tetap menghasilkan poin.

Ukuran net pada permainan tenis meja adalah sebagai berikut:
Panjang : 1,83 meter 
Lebar pita : 15 mm 
Tinggi jaring : 15,25 cm

Definisi dari bidang meja permainan tenis meja. 
Bidang meja permainan yang sudah dipisahkan oleh net itulah dijadikan target pengenaan bola untuk menghasilkan poin. Dalam sebuah permainan reli, jika bola bergulir di net dan jatuh di bidang meja lawan, maka akan menghasilkan poin untuk kita.

Dengan kata lain, bidang meja permainan tenis meja adalah suatu bidang target pengenaan bola dari lawan, yang mana bidang meja tersebut dibatasi oleh garis tepi panjang dan garis akhir.

Jika bola mengenai bagian samping meja lawan maka tidak dianggap poin, karena pengenaannya di luar garis tepi panjang. Wasit harus jeli mengamati ini, karena sedikit sekali perbedaanya dg pengenaan bola di ujung garis tepi panjang, tetapi bisa dilihat dari arah pantulan bolanya. Hal ini sering menjadi protes pemain dan menjadi pro dan kontra, dan wasit harus bisa meyakinkan keputusannya.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/03/peran-wasit-dalam-tenis-meja.html?m=1

Lantas apakah base dudukan tiang net termasuk bidang permainan? 
Tentu tidak termasuk, karena sudah jelas bahwa bidang permainan hanya terdapat pada meja yang sudah dibatasi oleh garis tepi panjang, garis akhir dan garis ujung yang tepat berada di bawah net. Sedangkan base dudukan tiang net bukan bagian dari meja permainan, melainkan menjadi satu kesatuan dengan net yang berfungsi untuk memisahkan bidang meja menjadi dua wilayah.

Selain dituntut untuk mengasah keterampilan bermainnya, pemain juga harus tahu peraturan-peraturannya dalam bermain tenis meja.


Semangat sehat dan salam 🏓

 







2 komentar:

  1. Terima kasih ilmunya Pak Kasmono, semoga sehat2 terus Pak.

    BalasHapus
  2. Aamiin ya robbal alamiin. Terimakasih kembali supportnya om..

    BalasHapus