Cari Blog Ini

Selasa, 29 Agustus 2023

Berapa Luas Arena Bertanding Tenis Meja?


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Tenis meja merupakan olahraga bola kecil dengan ukuran meja yang tidak terlalu besar, sehingga untuk bermain tenis meja tidak memerlukan lahan atau tempat yang luas. Baca terus sampai selesai agar kita tahu berapa luas arena yang diperlukan untuk sebuah kompetisi resmi.

Untuk ukurannya, panjang meja adalah 274 cm, lebar 152.5 dan tinggi 76 cm dari permukaan tanah. Luas meja standar internasional adalah 4,1785 meter persegi dengan ketebalan meja 3 cm. Panjang net sendiri ditetapkan 783 cm dan tingginya 15,25 cm.

Namun ketika kita mengikuti sebuah turnamen tenis meja, kita tidak pernah mendapati luas arena pertandingan yang sama pada beberapa tempat turnamen yang berbeda.

Tahukah kalian berapa luas arena bertanding tenis meja sesuai peraturan ITTF?

Awalnya ada seorang teman yang bertanya tentang luas arena bertanding untuk kompetisi resmi. Karena saya sendiri juga kurang memahami, lantas saya berusaha literasi namun tidak menemukan jawabannya.

Karena keingintahuannya, akhirnya saya menanyakan hal ini kepada Yon Mardiono, seorang pemain nasional yang seringkali menjadi Event Organizer (EO) pertandingan tenis meja.

Jawaban yang disampaikan oleh Yon perihal luas arena bertanding tenis meja dengan standar ITTF adalah 14x7 meter (14 M untuk panjang dan 7 M untuk lebar).

Dengan luas 14x7 meter, pemain lebih leluasa  bergerak selama bermain, sehingga dapat mengeksplore semua kemampuan yang dimilikinya ketika bermain.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/apa-saja-peralatan-yang-digunakan-untuk.html?m=1

Biasanya antar arena bertanding yang satu dengan yang lain ditandai dengan sekat pembatas yang terbuat dari kombinasi bahan kain dan meterial lain seperti besi atau yang lain sebagai penopang kain pembatas tersebut.


Semangat sehat dan salam 🏓


4 komentar:

  1. Baru tahu juga nh....tks atas knowledge yang disampaikan....👍

    BalasHapus
  2. Mantap om sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Sama2, terimakasih kunjungan dan supportnya

    BalasHapus