Cari Blog Ini

Selasa, 15 Agustus 2023

Kita Termasuk Tipe Process Oriented atau Goal Oriented Dalam Bermain Tenis Meja?

 


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Pernah dengar istilah tipe process oriented atau goal oriented kan?. Di antara kedua tipe ini, kita termasuk tipe yang mana dalam bermain tenis meja? Penasaran? Yuk jangan diskip bacanya ya...

Saat melakukan latihan tenis meja, pemain dengan tipe process oriented lebih menitikberatkan kesenangan pada saat bermain. Bagi kita para pemain dengan tipe process oriented, kenyamanan dan keseruan dalam latihan haruslah diperhatikan. Menjadi tidak heran jika pemain dengan tipe ini akan berusaha selalu menikmati suasana latihan dengan riang gembira, kalah menang tidak menjadi prioritas.

Berbeda lagi dengan pemain goal oriented, tipe ini lebih mementingkan goal atau tujuan yang hendak dicapai. Meskipun kurang nyaman dengan cara yang dilakukan, asalkan bisa memuluskan tujuannya dengan relatif singkat, mereka tidak keberatan. 

Termasuk tipe yang mana kita? Jika kita tahu orientasi kita dalam berlatih, kita akan dapat  lebih membantu dalam memecahkan masalah yang mungkin dialami dalam berlatih. 

Process Oriented

Tipe ini sangat memprioritaskan proses dibandingkan goal/ tujuan akhir. Pemain dengan tipe ini memiliki harapan dalam mencapai tujuan, tetapi tidak harus mengorbankan prosesnya.. Ide bagaimana untuk mencapai goal tersebut itulah yang dimaksud sebagai pemain bertipe proses oriented. Disiplin, konsisten membangun sistem terstruktur dan selalu mencoba latihan berjalan sebagaimana mestinya.  

Pemain yang process oriented seringkali mendapatkan banyak hal baru dalam latihan nya, karena konsentrasinya tidak pernah terpaku pada satu tujuan tertentu saja. 

Pemain ini juga dapat merubah tujuan di tengah perjalanan, jika memang itu yang dinilai lebih baik dibanding tujuan awalnya.

Goal Oriented

Tipe orang yang Goal Oriented memiliki pola pikir yang ingin dihargai dari proses yang telah dilakukan. Itulah yang menjadi dorongan tipe pemain ini untuk terus terpacu mewujudkan impiannya.

Tipe goal oriented juga senang akan kemenangan. Ketika berhasil melakukan sebuah kemenangan, mereka baru menghargai prosesnya. Namun sebaliknya, ketika mereka mengalami tanda-tanda kekalahan, maka akan lebih mudah drop dan kurang dapat mengontrol emosi.

Pemain seperti ini ingin mencapai tujuannya dalam waktu yang relatif cepat. Walaupun menemui ketidaknyamanan dalam proses mencapai tujuan itu, dia tidak keberatan.

Pemain yang goal oriented akan berjuang dan beraksi demi tercapainya tujuan. Sementara, pemain yang berorientasi pada proses lebih berjuang dan beraksi untuk sebuah perbaikan dan peningkatan.

Keduanya sama-sama penting dan tidak ada yang lebih benar ataupun salah. Tergantung di mana dan di posisi mana kita berdiri. Sebagai pemain yang berorientasi juara, tentu harus menjadi pemain goal oriented. Lain halnya jika sebagai pemain yang sedang membangun keterampilan bermain, kita harus menjadi process oriented player yang menikmati proses dan tidak mudah stress dengan perubahan di tengah perjalanan selama latihan. Menekankan pada tujuan menjadi juara penting, namun membuka mata dalam perjalanannya justru akan mendorong kita lebih giat berlatih, bahkan lebih dari apa yang sudah kita rencanakan sebelumnya. 

Baca juga: Bagaimana agar prestasi tenis meja bisa dicapai Klik di sini

Yang seimbang memang yang terbaik. Bergembiralah dalam menjalani proses latihan demi tercapainya tujuan menjadi juara.



Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar