Cari Blog Ini

Minggu, 20 Agustus 2023

Time Out dalam Tenis Meja


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Time Out merupakan salah satu istilah yang sering ditemui pada sebuah pertandingan olahraga termasuk tenis meja. Pengertian time out adalah waktu istirahat yang diminta oleh satu tim ketika pertandingan sedang berlangsung, bisa oleh pemain itu sendiri atau pelatihnya. Time out diambil oleh satu tim untuk membahas taktik atau strategi yang akan mereka lakukan.

Ketika satu tim meminta time out, mereka memanfaatkannya untuk beristirahat sejenak atau mengatur kembali permainan. Time out juga kerap digunakan sebagai strategi menghambat bertambahnya perolehan poin lawan dengan menghentikan momentum yang sedang mereka dapatkan.

Kesempatan time out harus dimanfaatkan dengan jeli, karena hal ini bisa mengubah jalannya pertandingan. 

Menurut aturan ITTF, time out hanya boleh diminta satu kali dalam sebuah pertandingan dengan durasi tidak boleh lebih dari 60 detik (satu menit).

Pemain atau tim menggunakan time-out sebagai rencana taktis dengan cara mencoba dan mengganggu ritme mereka atau untuk mematahkan pukulan di mana lawan telah memenangkan beberapa poin berturut-turut. Selama time-out, pemain  memiliki hak untuk berbicara dengan pelatih dan menerima nasihat taktis.

Baca juga: Pentingnya coach dalam pertandingan tenis meja Klik di sini

Sebagai pemain, kemarin di pertandingan Liga Takasi saya mengalami efek dari time out yang dilakukan pihak lawan. Disaat saya sudah unggul 2-1 dengan poin 8-4, tiba2 pelatih lawan minta time out. Nasihat pelatih dijalankan dengan baik oleh pemain, dan akhirnya saya tersusul dan mengalami kekalahan. Time out berperan sangat penting dalam sebuah pertandingan jika dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan penuh kejelian.



Semangat sehat dan salam 🏓




4 komentar:

  1. Apakah waktu utk time out bebas atau ketika sudah mencapai nilai atau set tertentu?

    BalasHapus
  2. Berapa kali bisa melakukan time out ? Dan diangka brp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu kali dalam satu pertandingan, boleh di poin brp aja, tp biasanya pada saat poin2 krusial

      Hapus