Cari Blog Ini

Rabu, 09 Agustus 2023

Peraturan Pemilihan Servis dan Tempat pada Tenis Meja

 

Peraturan Pemilihan Servis dan Tempat pada Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Untuk menentukan pemain mana yang berhak melakukan servis terlebih dahulu, menerima bola, dan memilih tempat, biasanya dilakukan oleh wasit dengan cara melempar koin, kemudian wasit memberikan 1 pilihan kepada masing-masing pemain. Pemain bebas memilih antara melakukan servis atau menentukan tempat. Ketika wasit telah melempar dan hasilnya menjadi penentu keputusan yang telah diambil diawal tadi.

Salah satu pemain sudah menentukan atau memilih servis, menerima bola, atau tempat lebih dulu. Kemudian pemain yang lainnya harus memilih sisanya / tidak boleh sama.

Sebelum dimulai, wasit memberikan pengarahan peraturan-peraturan bermain secara garis besar. Wasit juga memeriksa bet kedua pemain, dan memberikan kesempatan pemain untuk saling melihat/ memeriksa bet lawan.

Jika keputusan ini sudah disepakati bersama oleh kedua pemain, pertandingan bisa dimulai. 

Jatah pemain melakukan servis adalah dua kali, setelah itu kesempatan servis berpindah ke lawan. Begitu seterusnya hingga permainan selesai di poin 11.

Namun ada pengecualian jika kedua pemain  tersebut sama-sama telah mencapai 10 poin (deuce/ baca: jus). Jika diberlakukan percepatan waktu karena terjadi deuce, urutan servis dan menerima servis tetap sama, namun masing-masing harus melakukan servis sekali secara bergantian hingga mempunyai selisih dua poin untuk memenangkan pertandingan.

Baca juga: Peran Wasit dalam Tenis Meja https://bit.ly/456SSHG

Selain mengasah keterampilan bermain, pemain juga dituntut untuk memahami peraturan pertandingan.



Semangat sehat dan salam 🏓




Tidak ada komentar:

Posting Komentar