Cari Blog Ini

Jumat, 10 Februari 2023

Berapa Banyak Set dalam Tenis Meja?

 


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat.


Jika kita baru mengenal tenis meja, kita pasti bertanya-tanya berapa set dalam tenis meja untuk memenangkan sebuah pertandingan, atau berapa set untuk menang di pingpong?

Untuk kompetisi dengan panitia pelaksana yang berbeda, peraturan dan struktur pertandingan bisa saja  akan berbeda pula.
Pada cabang olahraga tenis meja selalu menggunakan set ganjil, sehingga tidak akan terjadi pertandingan berakhir dengan draw, tidak seperti di beberapa cabang olahraga lainnya. Tenis meja lazim menggunakan sruktur pertandingan Best of Five, walaupun tidak menutup kemungkinan ada yang memakai Best of Three maupun Best of Seven pada pertandingan tertentu.

Apakah kita perlu memainkan semua (5 set) dalam pertandingan Best of Five?
Jawabannya adalah tidak perlu.
Kita hanya perlu memenangkan sebagian besar set untuk memenangkan pertandingan, jadi kita tidak perlu memainkan semua set.

Jika dicontohkan dalam pertandingan best of five, kita akan menjadi pemenang jika mengalahkan lawan kita dalam 3 set pertama (3-0). Sekarang tidak perlu memainkan 2 set lagi untuk mencapai total 5 set, karena walaupun kalah di 2 set terakhir, kita tetap memiliki mayoritas kemenangan yaitu 3 dari 5 set.
Jadi, siapa pun yang memenangkan 3 set, permainan berakhir. Pada Best of Five hanya akan menghasilkan score 3-0, 3-1, 3-2 atau sebaliknya.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/bahagia-itu-sehat.html?m=1

Saya berharap kita sudah memahami dan mengetahui peraturan berapa banyak set dalam tenis meja yang harus kita mainkan untuk memenangkan pertandingan setelah membaca artikel ini.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar