Cari Blog Ini

Sabtu, 25 Februari 2023

Tips Membaca Putaran Bola Tenis Meja

 

Tips Membaca Putaran Bola Tenis Meja
Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Putaran bola identik dengan "plintiran" dalam olahraga tenis meja. Putaran bola menjadikan tenis meja lebih fleksibel dan lebih sulit dimainkan. Teknik putaran bola wajib dikuasai oleh setiap pemain, begitu juga cara mengantisipasinya.

Permainan tenis meja bukan hanya sekedar bagaimana memukul bola, tetapi ada putaran bola yang wajib dipahami agar dalam permainan tidak terjadi kesalahpahaman mengantisipasi efek dari putaran bola yang ditimbulkan.

Arah lentingan bola setelah mengenai penampang bet (dalam kondisi berdiri normal) adalah tergantung ke arah mana bola terseret oleh gesekan bet yang dilakukan server. Arah lentingan bola akan berbanding lurus dengan arah gesekan bet si server.

Agar mudah pemahamannya, misalnya ketika server menggesek bet ke atas (BH/ FH topspin), bola akan melenting ke atas. Cara mengantisipasinya adalah dengan sedikit menutup bet agar bola tidak melenting ke atas.

Jika server menggesek bet ke bawah (BH/ FH backspin), maka bola akan melenting ke bawah. Cara mengantisipasinya adalah dengan sedikit membuka bet (chop) agar bola tidak "nyungsep" ke net.
Demikian juga jika server menggesek bet ke samping (side), putaran bola akan selalu mengikuti kemanapun arah bet digesek. Dan cara mengantisipasinya adalah dengan memposisikan bet berbanding terbalik dengan arah gesekan bet lawan (server).

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/bermimpilah-dalam-berlatih-tenis-meja.html?m=0

Dalam ikhtisar bermain tenis meja, pemain perlu memahami putaran bola dan bagaimana mengantisipasinya.
Pemain harus bisa menyesuaikan posisi penampang bet seperti menutup, membuka, miring ke samping  dan sebagainya untuk mengontrol setiap efek putaran bola yang datang.

Untuk benar-benar menguasai dan memahami cara mengantisipasi efek putaran bola, kita harus mencoba mensimulasikan ketika berlatih.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar