Cari Blog Ini

Senin, 13 Februari 2023

Peraturan Permainan Tenis Meja

 


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Pemain tenis meja wajib tahu aturan permainan dan apa-apa saja yang diijinkan dan tidak diijinkan, sehingga mereka tahu melakukan pertandingan dengan benar dan efektif.

Wasit ditunjuk oleh Instruktur Pertandingan untuk menilai permainan dan dialah yang akan menegakkan hukum dan bertanggung jawab atas standar manajemen permainan dari sudut pandang peraturan pertandingan dan perilaku pemain selama di arena.

Beberapa aturan dan peraturan yang sering dilanggar oleh pemain dan pelatih, diantaranya:
Saat melakukan servis bola harus diletakkan di telapak tangan dengan posisi terbuka. Pemain melakukan servis dengan melambungkan bola secara hampir vertikal setinggi minimal 16 cm. Pemain yang melakukan servis dilarang menutupi/ menyembunyikan bola dengan anggota tubuh, bertujuan agar pemain lawan dapat melihat bola ketika mulai dipukul oleh pemain yang melakukan servis.

Jika wasit tidak yakin dengan legalitas servis yang dilakukan pemain, dia dapat memperingatkan pemain tersebut (hanya sekali sepanjang permainan). Dan jika servis kembali diragukan legalitasnya, maka wasit akan menganulir dan memberikan poin untuk lawan.

Untuk selanjutnya wasit tidak harus memperingatkan hal yang sama, ketidakpatuhan  terhadap peraturan yang jelas terhadap persyaratan hukum akan mengakibatkan diskualifikasi langsung dengan cara  memberi hukuman dengan memberi poin untuk lawan.

Sportifitas Pemain dan Pelatih Tenis Meja
Pemain tenis meja harus berperilaku sportif dan hormat terhadap wasit dan lawan main ketika pertandingan, jika mengabaikannya wasit dapat memperingatkan menggunakan kartu kuning sebagai peringatan pertama.
Jika mengulanginya akan diberi kartu kuning merah sebagai tanda peringatan kedua, dan poin untuk lawan.
Untuk peringatan ketiga, wasit mengeluarkan kartu kuning merah dan memberikan dua poin untuk lawan.

Pelatih diperbolehkan memberi saran kepada pemain setelah poin berakhir dan sementara bola tidak ada dalam permainan (tanpa menyebabkan permainan diskors), selama reli pelatih dilarang memberi saran apapun.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/enam-belas-centimeter.html?m=1

Jika ada masukan atau kritik saran silahkan tulis di kolom komentar.

Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar