Cari Blog Ini

Sabtu, 04 Februari 2023

Urutan Gerakan Tubuh Ketika Hendak Memukul Bola pada Tenis Meja

 


Oleh: Kasmono Monex, pengemar hidup sehat



Tenis meja adalah olahraga yang membutuhkan tingkat ketelitian tinggi bagi pemainnya. Sekali kita tidak teliti dalam mengeksekusi bola, peluang mendapatkan poin akan hilang begitu saja.

Agar pemain dapat menyelesaikan gerakan yang diinginkan dalam memukul bola dengan benar, kita perlu memanfaatkan semua bagian tubuh dan menggunakannya dalam urutan yang benar.

1. Mata
Mata adalah bagian terpenting untuk mengamati arah dan putaran bola. Kita harus menjaga konsentrasi dalam melihat bola yang datang kepada kita.

2. Kaki
Setelah kita melihat dan mengamati bola yang datang kepada kita, kita harus bergerak dengan kaki kita untuk bersiap dalam bentuk dan posisi terbaik untuk melakukan tindakan yang kita perlukan.

3. Kepala (kecerdasan berfikir-red)
Setelah kita mendaratkan kaki dengan benar, kita memikirkan aksi apa yang akan kita lakukan (Spin, Chop dll). Kemudian kita berfikir akan kita arahkan ke mana bola tersebut dan dengan pukulan apa.

4. Tangan dan Pinggang
Gerakan terakhir pada aksi memukul bola adalah tangan dan pinggang. Tangan melakukan eksekusi pukulan dan didukung oleh kekuatan putaran pinggang.

Jika kita melihat arah datangnya bola, lantas kita akan menggerakkan kaki, kemudian berfikir tindakan apa yang akan kita lakukan. Kemudian tangan dan pinggang melengkapi dengan eksekusi pukulan yang sudah kita fikirkan tadi.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2021/07/apakah-kita-akan-membawa-permainan-kita.html?m=1

Itulah mengapa begitu pentingnya mengajarkan dan memastikan mempelajari urutan tindakan gerakan tubuh yang benar, sehingga sistem tubuh (memori otot dan berfikir) akan mengajarkan kita dan memungkinkan kita untuk mencapai tingkat permainan yang lebih tinggi.

Membiasakan gerakan yang benar adalah membangun reflek menjadi bagus. Berlatihlah!!


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar