Cari Blog Ini

Senin, 18 Desember 2023

Analisis Kekompakan (Kohesi) Team dalam Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Tenis meja merupakan olahraga permainan yang mempunyai gerakan kompleks, yaitu terdiri dari unsur kekuatan, kecepatan, ketepatan, kelentukan dan lain-lain. 

Untuk menjadi seseorang pemain tenis meja yang baik, harus menguasai teknik-teknik dasar bermain, hal ini harus ditunjang pula kondisi fisik yang baik. Kemudian juga tidak meninggalkan taktik dan strategi sebagai pelengkap kemampuan teknik yang kita miliki.

Selain olah raga, olah rasa dan olah pikir juga dibutuhkan dalam bermain tenis meja. Memanfaatkan kelincahan dan kekuatan fisik, menggunakan sensitivitas rasa dalam memukul bola serta selalu berpikir cerdas ketika bermain.

Kemampuan yang tinggi yang dimiliki oleh setiap individu dalam sebuah team tidak cukup untuk memenangkan setiap pertandingan. Perlu adanya kekompakan, kerjasama dan kerja keras setiap anggota untuk memenangkannya. Support dari teman satu team sangat diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan diri pemain.

Foto-foto kekompakan team PTM Zakhwan Sport Bekasi pada event Liga Takasi VIII/3 15-17 Desember 2023 di GOR Tiga Dewi Bekasi:





Para pemain Zakhwan Sport mendominasi event tersebut. Juara 1 (Nandi), juara 3 (Gumono), 8 besar (Ridho, Ova), 16 besar (Kasmono, Gilang).

Kebutuhan akan pentingnya mengetahui dan memahami dinamika kelompok atau proses-proses interaksi yang terjadi di dalam kelompok semakin hari semakin meningkat. Kekompakan team harus dijaga dan ditingkatkan, dan secara tidak kita sadari bahwa hal ini merupakan bagian dari sebuah pembinaan.

Pembinaan team bertujuan untuk mencapai puncak penampilan dan prestasi yang setinggi-tingginya, dengan tetap menghindari kemungkinan - kemungkinan terjadinya dampak-dampak yang bersifat negatif dalam ikatan tim. 

Di dalam tenis meja, sebuah team merupakan sekelompok individu yang memiliki tujuan bersama untuk memenangkan pertandingan, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan yang didasari oleh interaksi dari para pemain dan pelatih. Kohesivitas team atau kelompok mencerminkan sejauh mana anggota team saling menyukai dan menikmati keberadaan team tersebut

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/sahabat-tenis-meja-oleh-kasmono-monex.html?m=1

"Datang bersama adalah sebuah awal; menjaga kebersamaan adalah kemajuan; bekerja sama adalah kesuksesan." - Henry Ford

Terus pupuk dan tingkatkan silaturahmi dalam tenis meja, baik secara individu di komunitas maupun dalam sebuah team.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar