Cari Blog Ini

Kamis, 14 Desember 2023

Manfaat Latihan Multiball pada Tenis Meja


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Keterampilan bermain pada olahraga tenis meja mutlak dikuasai oleh setiap pemain. Untuk memiliki keterampilan yang baik harus berlatih secara tekun dibawah bimbingan pelatih. Namun jika tidak memiliki pelatih bisa bekerjasama dengan teman atau partner, atau bahkan bisa menggunakan mesin pelontar bola atau robot tenis meja.

Pelatih atau partner dapat membantu kita dalam berlatih program atau multiball untuk meningkatkan kemampuan keterampilan bermain.

Mengapa menggunakan Latihan Multiball ?

Dalam tenis meja modern, pemain membutuhkan adanya penguasaan koordinasi gerak kaki, tenaga, kecepatan, waktu reaksi, kebugaran, daya tahan dan antisipasi. Dengan latihan multiball (latihan bola banyak), selain berlatih akurasi pukulan juga melatih koordinasi tersebut.

Latihan multiball meningkatkan kuantitas dan  kualitas bola yang bisa kita terima dalam waktu singkat. Multiball dapat menghilangkan rasa takut gagal (bola nyangkut net atau keluar meja). Pemain tinggal berusaha memukul bola secara benar dan konsisten. Hal ini dapat membantu kepercayaan pemain dan mendorong perkembangannya.

Multiball dapat diterapkan kepada semua pemain, dari pemain pemula hingga atlet profesional. Feeder/ pengumpan bola dapat menyesuaikan lemparan bola kepada pemain, tergantung level pemain dan teknik apa yang akan diperagakan.

Pemain dapat berlatih bola teratur ataupun tidak teratur dengan multiball. Simulasi implementasi memukul bola seperti saat bermain juga dapat diterapkan dalam hal ini, dan pemain tidak perlu ragu dalam melakukan pukulan.

Bagi feeder (pengumpan) juga dituntut dapat melempar bola secara konstan ke area tetap di atas meja maupun secara acak pada titik tertentu. Berikan spin bola yang cukup. Lemparkan bola standar dengan banyak topspin agar lebih realistis seperti dalam rally permainan yang sesungguhnya.

Latihan multiball (bola banyak) juga sangat baik untuk meningkatkan stamina pemain.  Lakukan kontrol kecepatan latihan dan sambil melakukan beberapa latihan footwork/ gerak kaki serta mendorong diri kita secara fisik. Secara bertahap tingkatkan frekuensi kecepatan bola dan penambahan durasi latihan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/07/meningkatkan-stamina-tenis-meja-oleh.html?m=1

Jika kita sudah terbiasa melakukan latihan multiball seperti itu, maka akan memudahkan kita saat bermain di pertandingan. 

Teman-teman ingin berbagi pengalaman tentang latihan multiball? Silahkan tulis di kolom komentar...


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar