Cari Blog Ini

Kamis, 21 Desember 2023

FEEL / "RASA" pada Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Tenis meja selain olahraga juga merupakan  permainan olah rasa (feel).  Dan setiap jenis karet memiliki rasa unik yang berbeda.

“FEEL” diukur dari sensasi yang diberikan karet pada titik kontak. Karet dengan feel ‘HARD’ tidak membutuhkan respons tinggi dari pemakainya. Jika dilihat dari kinerjanya, karet dengan feel ‘HARD’ sangat bagus untuk pemain yangmengandalkan kekuatan/ power.

Fell “SOFT” akan paling banyak memberikan rasa respons. Karet dengan feel ‘SOFT’ sangat bagus untuk melakukan blok dan mampu menghasilkan spin/ putaran yang lebih baik, karena bola berada lebih lama pada bet ketika kontak terjadi. Bola terasa seolah menembus karet hingga ke permukaan kayu.

Sedangkan feel “MEDIUM” akan memiliki respons yang terasa nyata. Karet dengan feel ‘MEDIUM’ paling umum dipakai oleh pemain karena karet jenis ini menawarkan yang terbaik dari feel hard dan soft. Karet feel medium cocok untuk semua gaya permainan.

Lantas karet dengan feel yang mana yang cocok dengan kalian? Semua produsen mengeluarkan produk ketiga-tiganya. Kita tinggal menyesuaikan karet jenis apa yang sesuai dengan karakter permainan kita. Oiya, sesuaikan juga budget yang kita punya, karena tidak selamanya yang berharga mahal selalu cocok di tangan kita, terkadang yang murah lebih cocok. 

Terpenting adalah meningkatkan keterampilan tangan kita secara bertahap, kemudian sesuai kebutuhan upgrade set up secara bertahap pula. 

Untuk menguasai permainan tenis meja tidak bisa dengan cara instan, membutuhkan waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Setiap individu mempunyai kemampuan berbeda dalam menyerap materi selama berlatih, sehingga lamanya berlatih bukanlah jaminan seseorang menjadi pemain yang ahli.

Feel pemain sangat berpengaruh terhadap kualitas pukulan, sehingga berpengaruh juga terhadap kualitas permainan. Feel harus diasah terus menerus dengan cara rajin berlatih. 

Tenis meja memang beda, barang siapa yang rajin berlatih pasti akan mengalami kemajuan yang cukup berarti, karena feel nya semakin terasah. Begitu sebaliknya, pemain yang jarang berlatih feel nya akan menurun atau bahkan hilang.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/05/permainan-tenis-meja-stagnan-berhenti.html?m=1

Itulah mengapa kita harus tetap rajin berlatih meskipun kita sudah jago dan berprestasi. Alasannya agar feel nya tetap terjaga atau bahkan bisa lebih ditingkatkan.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar