Cari Blog Ini

Selasa, 05 Desember 2023

Pengaruh Konsistensi terhadap Prestasi Pemain Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Banyak orang yang hanya semangat di awal latihan tenis meja,  setelah itu dia berhenti karena tidak konsisten. Konsisten butuh komitmen, kesabaran, dan keberanian. Konsisten adalah kunci, karena tanpa konsisten seberapa pun hebatnya kita, maka kita tidak akan menjadi apa-apa. 

Konsisten tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan, mulai saja dulu, karena hakikat dari konsisten adalah kita harus sampai ke tujuan, tidak peduli seberapa berat dan seberapa terjal perjalanan yang akan kita lalui. 

Konsisten dalam tenis meja adalah kemampuan untuk melakukan latihan secara teratur dan terjadwal. Dalam konteks lain, konsistensi juga mengacu pada kemampuan untuk mempertahankan sikap, keyakinan, atau tindakan terhadap nilai-nilai atau prinsip-prinsip tertentu. 

Konsistensi sangat penting dalam mencapai tujuan, membangun kepercayaan diri dan menciptakan keberhasilan jangka panjang. 

dok Pasir Cup 2020

Beberapa tips untuk membantu menjadi pemain yang lebih konsisten:

Tentukan Target

Menentukan target merupakan langkah penting untuk mencapai kesuksesan dalam bermain tenis meja. 

Buat jadwal latihan 

Jadwal yang teratur dapat membantu kita tetap fokus dan konsisten.

Fokus 

Mencoba fokus pada satu teknik pada satu waktu latihan, daripada mencoba melakukan beberapa teknik sekaligus. Hal ini akan membantu kita tetap fokus dan menghindari kelelahan.

Buat catatan kecil

Buatlah catatan tentang kemajuan yang telah kita capai dan mengidentifikasi teknik yang masih perlu diperbaiki. Ini akan membantu melihat seberapa konsistennya kita dalam berlatih. 

Motivasi yang tepat

Temukan alasan yang kuat mengapa kita melakukan latihan. Motivasi yang tepat dapat membantu kita tetap termotivasi dan konsisten.

Bersikap disiplin

Perlu diingat bahwa konsistensi memerlukan disiplin. Cobalah melatih diri untuk tetap melakukan latihan sesuai jadwal yang sudah ditentukan , meskipun kita sedang malas sekalipun.   

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/07/ketagguhan-mental-tidak-penting-dalam.html?m=1

Dengan mengaplikasikan tips-tips di atas, diharapkan kita dapat menjadi pemain yang lebih konsisten dalam bermain tenis meja. Namun perlu diingat bahwa konsistensi memerlukan waktu dan kesabaran. Jadi, jangan terlalu keras pada diri sendiri jika kita mengalami kesulitan di awal latihan. Teruslah berlatih dan bertahanlah, dan hasilnya akan sebanding dengan usaha yang kita lakukan.


Semangat sehat dan salam 🏓


2 komentar: