Cari Blog Ini

Selasa, 19 Desember 2023

Cara Membaca Putaran Bola Servis Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Tenis meja adalah olahraga permainan yang didominasi oleh putaran bola. Setiap pemain, terutama penerima servis sebaiknya membaca dan mengetahuinya ke arah mana putaran bola itu terjadi, sehingga tidak salah dalam mengantisipasi bolanya.

Ada beberapa putaran bola dalam tenis meja, seperti topspin, backspin, atau sidespin. Mungkin juga kombinasi seperti backspin dan sidepin. Jika jenis sidepin, sidespin yang mana (kiri atau kanan)? Ada banyak pertanyaan, bagaimana cara mengantisipasinya.

Jika kalian masih bingung membaca putaran bola dari servis lawan, jangan khawatir. Sebagian besar pemain amatir pernah mengalaminya, termasuk penulis. Alasannya sederhana, mencermati membaca putaran bola sekaligus mengambil keputusan dalam waktu yang sangat cepat bukanlah hal mudah, butuh konsentrasi tinggi.

Mengantisipasi servis banyak menjadi kelemahan bagi sebagian pemain amatir. Tidak mau pusing mempelajarinya, akhirnya beberapa pemain berpindah menggunakan karet bintik dengan harapan untuk memudahkan dalam mengantisipasi servis lawan.

Kita harus banyak berlatih mengenal servis dengan berbagai macam putaran untuk mempermudah dalam pengembalian servis.

Ketika kita (pemain dan pelatih) tenis meja berbicara tentang “membaca” putaran, yang dimaksudkan adalah kemampuan mengidentifikasi jenis putaran yang dilakukan oleh server.

Jika dalam suatu rally, membaca putaran bukanlah hal yang sulit, dengan catatan lawan  menggunakan karet normal.

Tetapi, “membaca” atau mengidentifikasi putaran yang digunakan pada servis sedikit lebih rumit, kenapa? Alasannya adalah karena lawan memiliki kendali penuh atas bola. 

Gerakan servis biasanya cukup pendek dan tajam, terutama menggunakan pergelangan tangan. Gerakan rumit ini membuat pembacaan putaran menjadi lebih sulit.

Bagi pemain berpengalaman, mereka mengelabuhi lawan dengan cara melakukan gerakan servis yang hampir sama namun  akan menghasilkan putaran yang berbeda-beda. Bagi pemula, menerima servis seperti ini pasti akan menjadi momok.

Tapi jangan berkecil hati, pemain ahli juga tidak tahu apa yang sedang terjadi. Mereka tidak dilahirkan dengan kemampuan super untuk “membaca” servis. Mereka hanya mempelajarinya dari efek servis spin selama bertahun-tahun. Artinya, dengan berjalannya waktu kita akan terbiasa dan mampu membaca servis lawan secara naluriah.

Pemain berpengalaman dalam menerima servis biasanya membaca isyarat visual seperti gerakan tangan sang server. Sementara bagi pemula hanya melihat bola tanpa menyadari akan putarannya.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/sidespin-dalam-tenis-meja_29.html?m=1

Belajar konsentrasi adalah kuncinya. Teori hanyalah untuk pemahaman, sedangkan cara terbaik untuk berlatih adalah dengan trial and error.

Jika kita tidak bisa mengembalikan servis lawan, maka akan berpengaruh buruk terhadap permainan selanjutnya. Teruslah berlatih menerima servis yang sulit hingga terbentuk naluri dalam membaca servis.

Jangan berharap sepenuhnya dapat menguasai pengembalian servis hanya dengan melawan satu pemain. Kita perlu mengulangi latihan ini dengan sejumlah pemain berbeda sampai kita merasa yakin bahwa kita tahu kapan bola akan jinak oleh karet kita atau bahkan akan liar setelah terjadi kontak dengan karet kita.


Semangat sehat dan salam 🏓




Tidak ada komentar:

Posting Komentar