Cari Blog Ini

Rabu, 20 Desember 2023

Cara Memilih Bet (Kayu) Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Setiap pemain tenis meja tidak dapat merasakan hal yang sama terhadap satu bet/ Blade (kayu) yang digunakan.  Beda pemain bisa beda selera terhadap alat yang digunakan, karena harus disesuaikan dengan tipe permainan masing-masing. Bagaimana cara memilih klasifikasi bet agar sesuai dengan kriteria yang diinginkan?

Dalam pembuatan bet (baca: kayu), produsen mengklasifikasikan setiap bet ke dalam kategori yang berbeda. Klasifikasi adalah cara mudah untuk menentukan apakah bet tepat untuk tipe permainan kita atau tidak. Biasanya klasifikasi tertera di bet nya.

Sedangkan gambaran klasifikasinya adalah sebagai berikut:

[OFF +] Untuk permainan total-menyerang tanpa kompromi.

[OFF] Untuk bermain langsung-menyerang dengan banyak putaran, kecepatan, dan kekuatan.

[OFF–] Untuk bermain menyerang-menengah dengan banyak putaran, kecepatan, dan kekuatan.

[ALL +] Untuk bermain menyerang-serba-lengkap dengan campuran pukulan2 topspin dengan berbagai putaran.

[ALL] Untuk pemain serba-lengkap yang mencampur serangan dan kontrol dalam rally.

[ALL-] Untuk pemain serba-lengkap yang menekankan pada kontrol dan konsistensi dari semua jarak.

[DEF] Untuk pemain bertahan-tradisional dengan penekanan pada pukulan chop dari jarak jauh.

SPEED

Setiap produsen pasti memiliki bahan unggulan masing-masing, karena setiap jenis kayu memiliki rasa dan kecepatan unik yang melekat secara bawaan. Tingkat kecepatan (speed) bet berbeda, tergantung produsen memformulakannya, karena kecepatan yang dihasilkan adalah gabungan dari berbagai jenis kayu dalam sebuah bet. Lapisan kayu tentu diformulasikan dan melalui trial menggunakan teknologi modern.

CONTROL 

Tingkat kontrol tidak akan sama bagi setiap pemain. Tingkat kontrol akan sebanding dengan jumlah waktu yang kita habiskan untuk berlatih. Semakin banyak kita bermain dan berlatih, maka semakin tinggi kontrol yang akan kita miliki. Secara umum, semakin tinggi rating speed sebuah bet, maka semakin sulit untuk mengontrolnya.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/05/cara-merawat-raket-bet-tenis-meja.html?m=1

Rutinkan dalam berlatih dan bermain, sehingga adaptasi terhadap bet yang kita pakai akan semakin mudah. Tidak semua bet berharga mahal cocok dengan karakter permainan kita. Bisa jadi bet yang lebih murah  cocok dan kita nyaman memakainya.

Tetaplah berlatih dengan proporsional dan terprogram sehingga tujuan selama berlatih akan tercapai. Semoga artikel ini memberi manfaat untuk kita semua, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar untuk saran yang lebih baik.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar