Cari Blog Ini

Selasa, 12 Desember 2023

Ini Bukan Sekedar Pingpong

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Bicara dan menilai tenis meja atau pingpong tidak bisa dengan sepotong-sepotong, harus dilihat secara utuh menjadi satu kesatuan. Jika dilihat dari fotonya, ini bukan sekedar pingpong, melainkan acara makan bersama. Tetapi jika kita cermati, terlihat di foto ada background spanduk pingpong. Dapat kita simpulkan bahwa yang sedang makan bersama adalah pemain pingpong. Atau silahkan membuat persepsi sendiri tentang foto tersebut.

Pada tenis meja atau pingpong tidak hanya bicara tentang tujuan prestasi, tetapi tenis meja juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana tujuan rekreasi. Bagi penghobi, lebih cocok sebagai tenis meja rekreasi. 

Silaturahmi dan kekompakan antar pemain harus senantiasa dipupuk, karena dapat mengobati penyakit hati. Tidak hanya sehat secara fisik, batinpun harus dituntut sehat. Sehat lahir batin inilah yang didambakan oleh setiap pemain tenis meja.

Setiap pemain mempunyai motivasi untuk menjadi lebih baik dalam setiap menjalani latihan. Menjadi lebih baik bukan harus menjadi juara, namun jika kita mencapai tangga juara kita harus selalu bersyukur. Ilmu, harta atau apapun catatan prestasinya tidak semestinya membuat kita mempunyai sifat bangga diri, sombong, dengki dan lainnya, karena sifat tersebut sejatinya adalah penyakit hati.

Seorang juara tidak ditentukan oleh kemenangan mereka, tetapi bagaimana mereka dapat pulih ketika mereka sedang terpuruk. Seorang juara selalu berusaha meningkatkan kemampuan self-awareness nya. Self-awareness adalah kemampuan pemain untuk mengenali dirinya, seperti karakter, sifat, pikiran, dan juga perasaan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/11/cara-menjatuhkan-mental-lawan-dalam.html?m=1

Yang pertama harus dilakukan adalah berlatih untuk meningkatkan kemampuan bermain. Self awareness yang baik pada akhirnya dapat membantu menemukan cara terbaik dalam pengambilan keputusan ketika bermain.

Sifat adaptif penting dimiliki oleh pemain dengan tujuan rekreasi. Lingkungan tenis meja yang majemuk dijadikan tempat belajar dan menempa mental dan komunikasi. Selalu rendah hati dalam membawa diri menjadi kunci seorang juara.

Jika kondisinya sudah seperti ini, maka hilanglah permusuhan. Mereka justru duduk bersama-sama, bahkan sebagian pemain mengidolakan lawan-lawannya. Ini bukan sekedar pingpong, tetapi inilah juara sejati.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar