Cari Blog Ini

Rabu, 06 Desember 2023

Latihan Koordinasi pada Tenis Meja untuk Anak Usia Dini

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Koordinasi adalah salah satu keterampilan motorik anak (pemain usia dini) yang perlu diasah. Hal ini bertujuan agar anak mampu melakukan kegiatan latihan sehari-hari dengan baik. Itu sebabnya mengapa latihan koordinasi pada anak perlu dikembangkan sejak dini. Koordinasi motorik merupakan kemampuan untuk menggunakan beberapa bagian tubuh dalam tindakan tertentu, misalnya memukul bola dengan melibatkan gerakan kaki, pinggang dan tangan.

Bermain tenis meja membutuhkan koordinasi yang baik seluruh anggota tubuh. Ada beberapa jenis latihan koordinasi yang bisa diajarkan kepada anak.

Koordinasi pada anak dalam bermain tenis meja biasanya berkaitan dengan kemampuan seorang anak untuk membuat tangan dan kakinya bergerak bersama dengan cara yang terkoordinasi dan efektif. Anak juga harus memiliki perencanaan motorik yang baik untuk mengatur waktu/ timing yang tepat dalam memukul bola.  

Beberapa koordinasi motorik kasar harus dikuasai pemain usia dini. 

Keterampilan koordinasi tangan dan kaki

Koordinasi tangan dan kaki merupakan kemampuan untuk menggunakan kedua anggota tubuh tersebut secara bersama-sama dan terkoordinasi. Contoh keterampilan ini seperti melompat dan memukul bola.  

Koordinasi mata dan tangan

Koordinasi ini membentuk dasar untuk integrasi visual-motorik. Kemampuan ini dapat membantu anak belajar menerima servis/ membaca putaran bola dari lawan.  

Latihan rutin dibawah pengawasan pelatih dapat meningkatkan  koordinasi motorik untuk pemain usia dini, diantaranya :

Latihan shadow

Latihan ini berfungsi untuk memperbaiki gerakan tangan dalam memukul bola, gerakan kaki, pinggang dan memperkuat kuda-kuda. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/latihan-shadow-pada-tenis-meja.html?m=1

Latihan skipping

Selain melatih keseimbangan, skipping juga melatih otot kaki dan melatih feeling. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/09/apa-manfaat-skipping-pada-tenis-meja.html?m=1

Melempar dan menangkap bola

Permainan melempar dan menangkap bola ternyata bisa menjadi salah satu bentuk latihan untuk mengembangkan koordinasi tangan dan mata. Selain itu, kegiatan ini juga bisa mengasah keterampilan anak dalam pelacakan visualnya.

Latihan multiball 

Latihan ini sangat dianjurkan karena manfaatnya, tidak hanya bagi pemain usia dini,  bahkan untuk semua pemain termasuk kelas atlet profesional. Koordinasi mata, tangan, badan, kaki dan memperbaiki reflek ada pada latihan jenis ini. 

Beberapa contoh aktivitas latihan di atas sangat membantu pemain usia dini untuk menjadi semakin kreatif dan cerdas. Masih banyak lagi jenis latihan lain yang mempunyai manfaat yang luar biasa, silahkan berimprovisasi berlatih dengan game ringan yang menyenangkan agar anak tidak merasa bosan berlatih. 


Semangat sehat dan salam 🏓






Tidak ada komentar:

Posting Komentar